PEMBELAJARAN BATIK CIPRAT BAGI SISWA TUNAGRAHITA RINGAN DI SLB BHAKTI KENCANA KRIKILAN BERBAH SLEMAN

Erlinda Prima Ayu Cahyaningsih,

Abstract



  Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan pembelajaran batik ciprat bagi siswa tunagrahita ringan SMALB
di SLB Bhakti Kencana Krikilan Berbah Sleman pada semester gasal tahun ajaran 2015/2016 pada 1) Perencanaan
pembelajaran; 2) Pelaksanaan pembelajaran; dan 3) Penilaian hasil belajar. Jenis penelitian ini adalah deskriptif
dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Teknik keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan perpanjangan pengamatan dan triangulasi. Teknik
analisis data menggunakan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Hasil penelitian dapat
dideskripsikan bahwa: 1) Perencanaan guru menyesuaikan karakteristik anak tunagrahita menggunakan Paduan
Pelaksanaan Kurikulum Pendidikan Khusus SMALB Tunagrahita Ringan. Media pembelajaran menggunakan
contoh karya batik ciprat siswa terdahulu. Metode dalam pembelajaran batik ciprat adalah demonstrasi dan
pemberian tugas kepada peserta didik. 2) Proses pembelajaran batik ciprat dirasa mudah bagi peserta didik karena
batik ciprat tidak melalui proses pemolaan motif batik yang terkadang terhambat karena keterbatasan peserta
didik. Motif yang dihasilkan berupa motif abstrak dengan hasil cipratan alami para peserta didik. 3) Penilaian
pembelajaran batik ciprat menggunakan alat ukur non tes yang mencakup ranah kognitif, afektif, psikomotorik,
dan hasil karya batik ciprat. Karya batik ciprat tergolong baik karena dinyatakan tuntas dan memenuhi standar
KKM yaitu 70.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.