Pendidikan politik siswa di SMP Negeri 2 Ngaglik melalui debat terbuka pada rangkaian kegiatan pemilihan ketua dan wakil ketua OSIS periode 2022-2023

Yoga Prihananto, , Indonesia
Nasiwan Nasiwan, , Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk: (1) alasan pelaksanaan debat terbuka pemilihan umum ketua dan wakil ketua OSIS SMP Negeri 2 Ngaglik periode 2022-2023 sebagai sarana pendidikan politik bagi siswa (2) kegiatan debat terbuka pemilihan umum ketua dan wakil ketua OSIS SMP Negeri 2 Ngaglik periode 2022-2023 sebagai sarana pendidikan politik bagi siswa. Penelitian ini menggunakan penelitian studi kasus tipe instrument tunggal dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian dalam penelitian ini yaitu kandidat pasangan calon ketua dan wakil ketua OSIS, perwakilan siswa kelas 8 dan 9, dan guru yang mengikuti kegiatan debat terbuka. Hasil penelitian menunjukkan (1) alasan debat mampu memunculkan dan melatih kemampuan berfikir kritis siswa serta memengaruhi pemilih dalam menggunakan hak pilihnya. (2) pelaksanaan kegiatan debat terbuka menjadi kegiatan pendidikan politik bagi siswa melalui penyampaian visi misi oleh pasangan calon kepada para siswa dikarenakan para pasangan calon dapat menyampaikan pesan politik dalam bentuk janji politik yang menarik dan dirasakan mampu mengantarkan kemajuan dan perkembangan lebih baik bagi sekolah kedepannya dengan memberikan alternatif solusi dalam mengatasi permasalahan yang terjadi, serta kegiatan pemberian pertanyaan kepada siswa sebagai audiens dilakukan dengan memberikan kesempatan untuk menyampaikan aspirasi kepada para pasangan calon serta dapat melakukan kritik dan menegaskan kembali perihal penyampaian yang telah disampaikan. kegiatan tersebut menjadi ajang pendidikan politik bagi siswa karena memunculkan berfikir kritis dan komunikasi politik antara pasangan calon dengan para siswa serta memberikan kesempatan partisipasi siswa dalam memengaruhi kebijakan umum yang akan dibentuk.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


We encourage readers to sign up for the publishing notification service for this journal. Use the Register link at the top of the home page for the journal. This registration will result in the reader receiving the Table of Contents by email for each new issue of the journal. This list also allows the journal to claim a certain level of support or readership. See the journal's Privacy Statement, which assures readers that their name and email address will not be used for other purposes.