Upaya Pembentukan Karakter Pada Peserta Didik Melalui Kegiatan Ekstrakulikuler Pramuka di SMP Negeri 2 Turi Kabupaten Sleman

Miftah Iswahyudi, , Indonesia
Setiati Widihastuti, , Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pembentukan karakter pada peserta didik, hambatan dalam pembentukan karakter, dan upaya untuk mengatasi hambatan dalam pembentukan karakter pada peserta didik melalui kegiatan ekstrakulikuler pramuka. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik keabsahan data menggunakan teknik triangulasi. Teknik analisis dilakukan dengan teknik Miles dan Hubrman dengan tahapan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Upaya pembentukan karakter melalui kegiatan ekstrakulikuler pramuka pada peserta didik dilakukan dengan menyelengarakan kegiatan seperti upacara, PBB, tali-temali, semaphore, ujian kenaikan tingkat dan perkemahan. Karakter yang terbentuk ialah nasionalisme, disiplin, tanggung jawab, religius, dan toleransi. 2) Hambatan dalam pembentukan karakter pada peserta didik ditemui pada perlengkapan perkemahan yang tidak memadahi, kesadaran peserta didik yang rendah dalam mengikuti kegiatan dan pergaulan peserta didik yang kurang terkontrol. 3) Upaya untuk mengatasi hambatan dilakukan dengan pengadaan perlengkapan perkemahan, bersinergi antar pendidik di SMP Negeri 2 Turi dan bersinergi antara pihak sekolah dengan orang tua peserta didik.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


We encourage readers to sign up for the publishing notification service for this journal. Use the Register link at the top of the home page for the journal. This registration will result in the reader receiving the Table of Contents by email for each new issue of the journal. This list also allows the journal to claim a certain level of support or readership. See the journal's Privacy Statement, which assures readers that their name and email address will not be used for other purposes.