Peningkatan kemampuan berpikir kritis dan berkomunikasi peserta didik melalui penerapan metode Seminar Socrates pada pembelajaran Pendidikan Pancasila

Zeni Dwi Astuti, , Indonesia
Suyato Suyato, , Indonesia

Abstract


Artikel ini berdasarkan penelitian yang bertujuan untuk: (1) menguji pengaruh penerapan metode Seminar Socrates pada pembelajaran Pendidikan Pancasila terhadap kemampuan berpikir kritis dan berkomunikasi peserta didik; (2) menguji efektivitas penerapan metode Seminar Socrates dengan model pembelajaran konvensional terhadap kemampuan berpikir kritis dan berkomunikasi peserta didik pada pembelajaran Pendidikan Pancasila. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen dengan sampel kelas X D sebagai kelas eksperimen dan X C sebagai kelas kontrol. Metode pengumpulan data menggunakan tes, angket, dan lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, uji hipotesis, dan uji gain score. Hasil penelitian ini menunjukkan: (1) terdapat pengaruh penerapan metode Seminar Socrates pada pembelajaran Pendidikan Pancasila terhadap kemampuan berpikir kritis dan berkomunikasi peserta didik; (2) metode pembelajaran Seminar Socrates lebih efektif meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik dengan nilai gain score sebesar 0,5226 dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional yang memperoleh nilai gain score lebih rendah yaitu sebesar 0,2594. Metode pembelajaran Seminar Socrates juga lebih efektif meningkatkan kemampuan berkomunikasi peserta didik dengan nilai gain score sebesar 0,1747 dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional yang memperoleh nilai gain score sebesar 0,0833.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


We encourage readers to sign up for the publishing notification service for this journal. Use the Register link at the top of the home page for the journal. This registration will result in the reader receiving the Table of Contents by email for each new issue of the journal. This list also allows the journal to claim a certain level of support or readership. See the journal's Privacy Statement, which assures readers that their name and email address will not be used for other purposes.