Keefektifan Evaluasi Pembelajaran Jarak Jauh Di Sekolah Menengah Pertama Pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan

Nindha Alfiany Fajarera, , Indonesia
Mukhamad Murdiono, , Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk Mendeskripsikan tentang proses evaluasi yang dilakukan guru mata pelajaran PPKn saat PJJ berlangsung, Menganalisis kendala yang dihadapi guru mata pelajaran PPKn saat proses evaluasi PJJ berlangsung, Mendeskripsikan upaya yang dilakukan oleh guru mata pelajaran PPKn saat proses evaluasi PJJ berlangsung. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian menunjukan (1) evaluasi PJJ pada mata pelajaran PPKn kelas VII di SMP Negeri 1 Mlati tetap dilaksanakan secara online melalui media elektronik yakni handphone dengan whatsapp, google classroom, zoom, quizizz. (2) muncul beberapa kendala saat evaluasi PJJ pada mata pelajaran PPKn seperti kurangnya kesiapan siswa dan pendampingan orang tua, faktor ekonomi, dan jaringan internet yang kurang stabil. (3) Upaya dilakukan baik oleh guru mata pelajaran PPKn dan peserta didik untuk mengatasi kendala yakni berkomunikasi dan berkerjasama dengan berbagai pihak, serta mempersiapkan dan memastikan ketersediaan internet dan jaringan yang stabil.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


We encourage readers to sign up for the publishing notification service for this journal. Use the Register link at the top of the home page for the journal. This registration will result in the reader receiving the Table of Contents by email for each new issue of the journal. This list also allows the journal to claim a certain level of support or readership. See the journal's Privacy Statement, which assures readers that their name and email address will not be used for other purposes.