Kompetensi Pedagogik Guru Dalam Pembelajaran PPKn Untuk Mencapai Sikap Spiritual dan Sosial Peserta Didik Di SMA Negeri 1 Dukun Magelang

Khoirunnisa Azzahra, , Indonesia
Sunarso Sunarso, , Indonesia

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) mendeskripsikan bagaimana kompetensi pedagogik guru dalam pembelajaran PPKn untuk mencapai kompetensi sikap spiritual peserta didik di SMA Negeri 1 Dukun, (2) mendeskripsikan bagaimana  kompetensi pedagogik guru dalam pembelajaran PPKn untuk mencapai sikap sosial peserta didik di SMA Negeri 1 Dukun, (3) mendeskripsikan kendala dan upaya yang dilakukan oleh guru dalam pembelajaran PPKn untuk mencapai sikap spiritual dan sosial peserta didik di SMA Negeri 1 Dukun. Penilitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini dua guru PPKn di SMA Negeri 1 Dukun, Magelang dan sembilan peserta didik. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik  keabsahan data menggunakan triangulasi. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis data yang terdiri dari mengumpulkan data, mereduksi data, menyajikan data, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kompetensi pedagogik guru dalam pembelajaran PPKn untuk mencapai kompetensi sikap spiritual dan sosial pesertadidik di SMA Negeri 1 Dukun Magelang sudah dilakukan dengan baik. Pencapaian kompetensi sikap dilaksanakan oleh guru melalui perencanaan, pelaksanaan, evaluasi dan kegiatan pembiasaan. Secara keseluruhan pencapaian sikap sosial peserta didik sudah tercapai dengan baik, namun pada indikator sikap jujur masih dirasa kurang dan belum tercapai dengan maksimal. Kendala dalam mencapai kompetensi sikap spiritual dan sosial peserta didik di SMA Negeri 1 Dukun Magelang antara waktu belajar di sekolah yang terbatas, tidak adanya muatan materi pokok yang terdapat dalam buku tentang kompetensi sikap, kondisi keluarga peserta didik yang kurang mendukung, pengaruh dari kemajuan teknologi, dan kondisi lingkungan peserta didik yang tidak kondusif. Upaya dalam mengatasi kendala dengan melakukan pendekatan terhadap peserta didik, menjaditeladan bagipeserta didik dengan cara mencontohkan hal-hal yang positif, mengadakan pertemuan orang tua peserta didik dengan guru, melakukan bimbingan khusus kepada peserta didik.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.