UPAYA GURU PPKN SMP NEGERI 3 WONOSARI DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA MELALUI PEMANFAATAN APLIKASI GOOGLE CLASSROOM SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN

Yohana Paramita, , Indonesia
suyato suyato, , Indonesia

Abstract


Covid-19 telah menyebabkan sistem pembelajaran yang awalnya dilakukan secara tatap muka ke daring. Pembelajaran daring membutuhkan suatu aplikasi sebagai media untuk belajar sebagai solusi untuk melanjutkan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemanfaatan aplikasi Google Classroom sebagai media pembelajaran, untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat pemanfaatan aplikasi Google Classroom, dan efektivitas pemanfaatan aplikasi Google Classroom dalam meningkatkan minat belajar siswa terhadap pelajaran PPKn di masa pandemi. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Tempat penelitian di SMP Negeri 3 Wonosari. Subjek penelitian ditentukan secara purposive. Teknik pengumpulan data melalui wawancara dan analisis dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemanfaatan aplikasi Google Classroom sebagai media pembelajaran dalam meningkatkan minat belajar PPKn pada siswa SMP Negeri 3 Wonosari di masa pandemi sangat baik dan efektif. Peningkatan minat belajar siswa dan keaktifan siswa adalah bukti efektivitas pembelajaran daring. Peningkatan belajar siswa dipengaruhi oleh terpenuhinya fasilitas selama pembelajaran daring seperti kuota dan jaringan internet, komunikasi yang baik, serta kemudahan aplikasi Google Classroom. Sementara kendala yang dihadapi oleh guru adalah tidak bisa mengontrol siswa dan guru dituntut lebih terampil sehingga kelas tidak membosankan. Faktor penghambat dari segi siswa adalah dari fasilitas belajar yang kurang lengkap serta tidak meratanya perekonomian siswa.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.