Implementasi Penilaian dalam Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Berbasis Daring di Mts 8 Gunungkidul.

Prabawati Sukma Jaya, , Indonesia
Iffah Nur Hayati, , Indonesia

Abstract


Tujuan dari penelitian ini untuk: (1) mendeskripsikan implementasi penilaian dalam pembelajaran PPKn berbasis daring di MTs Negeri 8 Gunungkidul, (2) mengidentifikasi hambatan yang dihadapi guru dalam melaksanakan pembelajaran PPKn berbasis daring di MTs Negeri 8 Gunungkidul, (3) mendeskripsikan upaya yang dilakukan guru untuk mengatasi adanya hambatan dalam melaksanakan penilaian dalam pembelajaran PPKn berbasis daring di MTs Negeri 8 Gunungkidul. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek ditentukan melalui teknik purposive, yakni guru PPKn. Pengujian keabsahan data  menggunakan teknik cross chek. Analisis data dengan menggunakan induktif. Hasil penelitian menunjukan: (1) Pelaksanaan penilaian pembelajaran PPKn berbasis daring yang dilakukan belum terlaksana sesuai dengan standar penilaian pembelajaran yang telah ditetapkan; (2) Hambatan yang di alami yakni, keterbatasan guru dalam mengembangkan platform pembelajaran, guru merasa kesulitan dalam melakukan kontrol kepada peserta didik, keterbatasan waktu dalam melakukan penilaian dan koneksi internet yang tidak lancar; (3) Upaya yang dengan memaksimalkan platform pembelajaran, memperbanyak interaksi dengan peserta didik, dan mengikuti pelatihan/diklat.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


We encourage readers to sign up for the publishing notification service for this journal. Use the Register link at the top of the home page for the journal. This registration will result in the reader receiving the Table of Contents by email for each new issue of the journal. This list also allows the journal to claim a certain level of support or readership. See the journal's Privacy Statement, which assures readers that their name and email address will not be used for other purposes.