Upaya Penanganan Pengemis oleh Dinas Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Banyumas

Garita Meylantika, , Indonesia
Iffah Nur Hayati, , Indonesia

Abstract


Artikel ini berdasarkan penelitian yang bertujuan untuk mengetahui bagaimana upaya penanganan pengemis oleh Dinas Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Banyumas. Kemudian juga untuk mengetahui apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam upaya penanganan pengemis oleh Dinas Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Banyumas.

Pengemis adalah salah satu fenomena sosial di masyarakat yang sudah dilarang keberadaannya oleh pemerintah. Selain itu, pengemis yang sebagaian besar muncul karena faktor kemiskinan juga sudah seharusnya dipelihara oleh pemerintah. Namun pada kenyataannya masih banyak pengemis yang dijumpai di berbagai daerah di Indonesia, salah satunya di Kabupaten Banyumas. Dinas Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Banyumas sebagai salah satu stakeholder sudah seharusnya menjalankan peranannya dalam upaya penanganan pengemis.

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan metode kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui wawancara dan dokomentasi. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan cara cross check. Teknik analisis data dilakukan secara induktif, melalui reduksi data, kategorisasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.