Nilai-nilai pendidikan karakter dalam film kartun Shiva dan relevansinya sebagai sumber belajar PPKn jenjang SMP

Yohana Suryana, , Indonesia
Suyato Suyato, , Indonesia

Abstract


ABSTRAK

Tujuan penelitian ini diantaranya: (1) mendeskripsikan nilai-nilai pendidikan karakter yang terdapat dalam film kartun Shiva (2) menganalisis relevansi nilai-nilai pendidikan karakter dalam film kartun Shiva sebagai sumber belajar PPKn jenjang sekolah menengah pertama. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif dengan jenis penelitian analisis konten. Obyek penelitian ini adalah film kartun Shiva berjumlah 10 episode yang diakses melalui Youtube. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik dokumentasi dan observasi. Teknik analisis data menggunakan metode analisis isi (content analysis). Teknik validasi data dalam penelitian ini menggunakan ketekunan pengamatan (Sugiyono, 2014:270). Hasil penelitian menunjukan  film kartun Shiva mengandung banyak pembelajaran kehidupan dan nilai-nilai pendidikan karakter. Sepuluh episode film kartun Shiva yang telah dibahas dalam penelitian ini setidaknya ditemukan 13 nilai-nilai pendidikan karakter dan 10 nilai pendidikan karakter yang ditemukan relevan dengan Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar pada tingkat SMP sehingga dapat digunakan sebagai sumber belajar.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.