WHATSAPP DAN PENGARUHNYA TERHADAP PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN

Mardeni Dwi Maharani, , Indonesia
Mukhamad Murdiono, , Indonesia

Abstract


Tujuan penelitan ini untuk menganalisis adakah pengaruh whatsapp terhadap peningkatan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PPKn. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang dilakukan di SMAN Negeri 1 Sukoharjo, dengan populasi penelitian yaitu seluruh siswa kelas X. Ukuran sampel penelitian sebanyak 86 siswa ditentukan dengan rumus slovin, selanjutnya sampel diambil di tiap kelas dengan teknik random sampling. Data dikumpulkan melalui google form dan di sebarkan melalui WhatsApp. Analisis data dilakukan dengan analisis deskriptif dan regresi linier sederhana. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan diperoleh hasil bahwa pembelajaran dalam jaringan melalui whatsApp group  berpengaruh  terhadap peningkatan motivasi belajar PPKn. Hal ini ditunjukkan dari perhitungan uji t pada persamaan model variabel  X (Whatsapp) memiliki nilai signifikansi 0,000 lebih kecil dari 0,05, dengan demikian  H1 diterima. Hal ini menunjukkan bahwa variabel whatsapp memiliki pengaruh positif terhadap motivasi belajar PPKn.

Kata Kunci: WhatsApp, motivasi belajar PPKn.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.