SOAL HOTS PENILAIAN AKHIR TAHUN PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN KELAS X SEKOLAH MENEGAH ATAS KABUPATEN MAGELANG TAHUN PELAJARAN 2018/2019

Iva Zulaiha, , Indonesia
Suyato Suyato, , Indonesia

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk menentukan soal HOTS Penilaian Akhir Tahun (PAT) Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan kelas X Sekolah Menegah Atas (SMA) Kabupaten Magelang tahun ajaran 2018/2019 ditinjau dari jenis stimulus, kemampuan berpikir kritis, dan kemampuan berpikir kreatif. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis analisis isi atau dokumen. Obyek penelitian ini yaitu stimulus, kemampuan berpikir kritis dan berpikir kreatif serta soal Penilaian Akhir Tahun. Teknik pengumpulan data dengan teknik non-tes yang berupa angket dan Focus Group Discussion (FGD). Pengambilan keputusan sekaligus keabsahan data dilakukan dengan FGD. Berdasarkan penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa karakteristik soal tipe HOTS yang ada pada soal penilaian akhir tahun tersebut yaitu stimulus. Bentuk stimulus dan persentase masing-masing bentuk yaitu gambar 4%, tabel 5%, contoh 24% dan penggalan kasus 18%. Indikator kemampuan berpikir kritis dan persentase masing-masing indikator yaitu memberikan penjelasan sederhana 70%, membangun keterampilan dasar 26%, menyimpulkan 6%, membuat penjelasan lanjut 16%, serta mengatur strategi dan taktik 16%. Indikator kemampuan berpikir kreatif dan persentase masing-masing indicator yaitu kemahiran 4%, fleksibilitas 4%, originalitas 0%, elaborasi 0% dan sintesis 0%.

Kata kunci: Higher Order Thinking Skill (HOTS), kemampuan berpikir kritis, dan kemampuan berpikir kreatif.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.