PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PERMAINAN MONOPOLI UNTUK PENINGKATAN MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VII SMP

Nuri Solekhah Khasanah,
Suripno Suripno, , Indonesia

Abstract


Penelitian dan pengembangan media pembelajaran Monopoli SAME bertujuan (1) Mengembangkan media pembelajaran permainan monopoli yang layak secara media maupun materi untuk meningkatkan minat belajar peserta didik pada pembelajaran PPKn di SMP. (2) Mengetahui efektivitas media pembelajaran permainan monopoli untuk meningkatkan minat belajar peserta didik pada pembelajaran PPKn. Metode penelitian ini menggunakan model penelitian dan pengembangan yang dikembangkan oleh Borg dan Gall terdiri atas 10 langkah yaitu (1) potensi dan masalah, (2) pengumpulan data, (3) desain produk, (4) validasi desain, (5) revisi desain, (6) uji coba produk, (7) revisi produk, (8) uji coba pemakaian, (9) revisi produk, dan (10) produksi masal. Hasil penelitian dan pengembangan menunjukan bahwa (1) Media pembelajaran permainan Monopoli SAME mendapatkan kategori “Sangat Layak” dari hasil validasi ahli media sebesar 87,5%. Sedangkan dari hasil validasi ahli materi mendapatkan kategori “Layak” sebesar 77,78%. Penilaian guru mendapatkan kategori “Sangat Layak” sebesar 100%. (2) Setelah pembelajaran PPKn menggunakan media pembelajaran Permainan Monopoli SAME diperoleh hasil 64,51% peserta didik memperoleh kategori “Sangat Minat”, 29,03% peserta didik memperoleh kategori “Minat” dan 6,45% peserta didik memperoleh kategori “Cukup Minat” dapat disimpulkan media pembelajaran Permainan Monopoli SAME efektif digunakan sebagai media pembelajaran PPKn untuk meningkatkan minat belajar peserta didik.

Kata kunci: Media Pembelajaran, Monopoli SAME, Minat Belajar


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.