PENGARUH INTENSITAS PENDIDIKAN KENEGARAAN DI KELUARGA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PPKN KELAS XII DI SMK HAMONG PUTERA

Fitriatun Handayani, , Indonesia
Suyato Suyato, , Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh intensitas pendidikan kenegaraan di keluarga terhadap motivasi belajar mata pelajaran PPKn kelas XII di SMK Hamong Putera. Penelitian ini merupakan penelitian inferensial dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII sejumlah 51 orang. Penelitian dilaksanakan pada bulan November 2019 sampai Januari 2020. Teknik pengumpulan data meliputi: metode angket, dan metode dokumentasi.

Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat pengaruh yang signifikan pada  intensitas ketertarikan materi kenegaraan ( politik, hukum, moral ) di keluarga terhadap motivasi belajar PPKn. Hal ini dibuktikan dengan nilai F hitung  = 14.850 dengan singnifikansi sebesar 0.000 < 0.05, maka model regresi dapat dipakai untuk memprediksi variabel X terhadap variabel Y atau dengan kata lain ada pengaruh variabel X variabel Y. Sedangan tingkat hubungan atau korelasinya sebesar 0.000 < 0.05 maka dapat dikatakan berkorelasi atau terhadap hubungan sebesar 0.482 berarti tingkat hubungannya sedang.

Kata Kunci : Politik, Hukum, Moral


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.