IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN DI SEKOLAH BERBASIS PESANTREN

Yuni Niki Lestari,
Marzuki Marzuki,

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi pendidikan karakter, mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi dan menganalisis solusi yang tepat untuk mengatasi kendala implementasi pendidikan karakter melalui pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan pada siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Penentuan subjek penelitian ini dengan purposive. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi nonpartisipan, wawancara, dan dokumentasi. Pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis data model interaktif Miles dan Huberman (reduksi data, display data dan penarikan simpulan). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Implementasi pendidikan karakter melalui pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan melalui 3 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. (2) Faktor-faktor yang mempengaruhi yaitu faktor pendukung dan faktor penghambat, faktor pendukung di antaranya lingkungan pondok pesantren, pendidik mayoritas alumni pondok pesantren, kegiatan ektrakurikuler pramuka, sedangkan faktor penghambat di antaranya karakter santri yang berbeda-beda, jarak antara asrama santri putra dan madrasah yang begitu jauh sehingga guru tidak bisa berkomunikasi secara langsung, durasi pembelajaran yang sedikit. (3) Solusi yang dilakukan di antaranya mengoptimalisasikan sistem poin ketika ada santri yang melanggar yaitu 25 poin sebagai peringatan, 50 poin sebagai teguran, koordinasi serta bekerja sama antara madrasah dan asrama.

Kata kunci: Implementasi pendidikan karakter, Sekolah Berbasis Pesantren, Pembelajaran PPKn.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.