INTERNALISASI NILAI-NILAI MULTIKULTURAL DALAM PEMBELAJARAN PPKN

Elisa Puspita Rinjani,
Suharno Suharno,

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) pelaksanaan internalisasi nilai-nilai multikultural dalam pembelajaran PPKn di MTs Madrasah Mu’allimaat Muhammadiyah Yogyakarta, (2) faktor pendukung pelaksanaan internalisasi nilai-nilai multikultural dalam pembelajaran PPKn. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian adalah guru PPKn dan pamong asrama. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan: observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis model Miles dan Huberman. Hasil penelitian ini menunjukan: (1) pelaksanaan internalisasi nilai-nilai multikultural dalam pembelajaran PPKn di MTs Madrasah Mu’allimaat Muhammadiyah Yogyakarta dilakukan melalui tiga tahap yakni perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Pada tahap perencanaan dengan penyusunan RPP. Pada tahap pelaksanaan internaliasi nilai-nilai multikultural melalui kegiatan pembelajaran di kelas. Tahap evaluasi yakni tahap penilaian dari aspek pengetahuan, sikap, dan keterampilan. (2) faktor pendukung internalisasi nilai-nilai multikultural dalam pembelajaran PPKn diantaranya (a) kondisi peserta didik yang sudah beragam, (b) guru PPKn yang bukan orang Jawa, (c) kondisi lingkungan madrasah, (d) kerjasama madrasah dengan pihak-pihak lain baik dalam negeri maupun luar negeri.

Kata Kunci: internalisasi nilai multikultural, pembelajaran PPKn


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.