UPAYA GURU SD PURBA ADI SUTHA DALAM MENUMBUHKAN SIKAP TOLERANSI TERHADAP SISWA

Oryke Diolla Harnum,
Setiati Widihastuti,

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan upaya guru di SD Purba Adi Sutha Purbalingga dalam menumbuhkan sikap toleransi pada siswa serta untuk mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat dalam menumbuhkan sikap toleransi pada siswa di SD Purba Adi Sutha Purbalingga.

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penentuan subjek penelitian dilakukan secara purposive, dan sebagai subjek penelitian adalah kepala sekolah dan lima orang guru SD Purba Adi Sutha. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan studi dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan teknik induktif melalui proses reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Upaya guru dalam menumbuhkan sikap toleransi di SD Purba Adi Sutha melalui dua cara yaitu; Pertama, melalui kegiatan didalam kelas yang meliputi: a). proses pengintegrasian nilai-nilai toleransi melalui mata pelajaran yang diajarkan di dalam kelas, b). melalui media pembelajaran yang disesuaikan dengan kebutuhan siswa regular maupun siswa ABK, c). melalui pembiasaan seperti membiasakan siswa untuk berdoa menurut agama dan kepercayaan masing-masing.  Kedua, upaya diluar kelas,  antara lain: a). kegiatan ekstrakurikuler, b). kegiatan berenang c). kegiatan kemah, d). kegiatan outbond, e). kegiatan senam bersama, f). kegiatan field trip, serta melalui kegiatan gebyar seni  akhir tahun. (2) Faktor pendukung antara lain : a). jumlah guru yang memadai dan sudah berpengalaman, b). adanya guru pendamping bagi siswa ABK, c). kelengkapan sarana dan prasarana, d). adanya terapis di sekolah, d). tersedianya berbagai fasilitas yang memudahkan siswa ABK. Faktor penghambat meliputi: a). kondisi siswa ABK yang mudah terkena tantrum, b). adanya keterbatasan yang dimiliki siswa ABK, c). masih ada penolakan dari orangtua siswa, d). kurangnya sosialisasi atau edukasi mengenai sekolah inklusi

Kata kunci: Upaya Guru, Menumbuhkan, Siswa SD, Sikap Toleransi


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.