STRATEGI GURU PPKN DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER SOPAN SANTUN DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN

Septi Haryani,
Mukhamad Murdiono,

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) strategi guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dalam pembentukan karakter sopan santun siswa di SMK Muhammadiyah 2 Yogyakarta, (2) kendala yang dihadapi guru Pendidikan Kewarganegaraan dalam pembentukan karakter sopan santun siswa serta, (3) upaya mengatasi kendala dalam pembentukan karakter sopan santun siswa.Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini terdiri dari Guru Pendidikan Kewarganegaraan, kepala sekolah, guru BK dan 3 orang siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini terdiri dari 1) wawancara, 2) observasi, dan 3) dokumentasi. Teknik pemeriksaan keabsahan data menggunakan teknik triangulasi. Teknik analisis data menggunakan teknik induktif.Hasil penelitian menunjukkan: 1) Strategi guru PPKn dalam pembentukan karakter sopan santun siswa antara lain a) memberikan contoh keteladanan, b) pembiasaan, c) kegiatan spontan, d) teguran, e) Sarana prasarana, f) Kegiatan rutin. 2) Kendala yang dialami guru PPKn dalam upaya pembentukan karakter sopan santun siswa, diantaranya a) masih terdapat siswa yang bersikap tidak sopan, b)  guru PPKn di SMK Muhammadiyah 2 Yogyakarta mengalami kesulitan untuk menanamkan karakter sopan santun  kepada siswa yang berkebutuhan khusus c) kurangnya kesadaran siswa untuk bersikap sopan santun, 3) upaya yang dilakukan guru PPKn untuk mengatasi kendala dalam pembentukan karakter sopan santun yaitu, a) bekerjasama dengan guru Bimbingan Konseling dalam mengatasi siswa yang bersikap tidak sopan, b) mengembangkan materi pembelajaran PPKn dengan memasukan nilai-nilai karakter sopan santun, c) selalu berusaha sabar dalam memberi nasihat, bimbingan serta motivasi kepada siswa terutama siswa yang berkebutuhan khusus agar selalu menjunjung nilai karakter sopan santun

Kata Kunci: Strategi, Guru PKn, Karakter, Sopan Santun

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.