HUBUNGAN KOMPETENSI GURU PPKn DENGAN EFEKTIVITAS PEMBENTUKAN KARAKTER DISIPLIN PADA PESERTA DIDIK SMK NEGERI SE-KABUPATEN KULON PROGO

Dwi Wulandari,
Marzuki Marzuki,

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menguji hubungan kompetensi pedagogik, kompetensi profesional, kompetensi sosial, dan kompetensi kepribadian guru PPKn dengan efektivitas pembentukan karakter disiplin pada peserta didik di SMK Negeri Se-Kabupaten Kulon Progo. Penelitian ini merupakan penelitian ex-post facto dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah semua guru PPKn di SMK Negeri Se-Kabupaten Kulon Progo sebanyak 16 guru. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Uji validitas dengan korelasi product moment dan reliabilitas dengan Alpha Cronbach. Teknik analisis data menggunakan korelasi product moment. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) ada hubungan positif kompetensi pedagogik guru PPKn dengan efektivitas pembentukan karakter disiplin pada peserta didik, (2) ada hubungan positif kompetensi profesional guru PPKn dengan efektivitas pembentukan karakter disiplin pada peserta didik, (3) ada hubungan positif kompetensi sosial guru PPKn dengan efektivitas pembentukan karakter disiplin pada peserta didik, dan (4) ada hubungan positif kompetensi kepribadian guru PPKn dengan efektivitas pembentukan karakter disiplin pada peserta didik.

Kata kunci: Kompetensi Pedagogik, Kompetensi Profesional, Kompetensi Sosial, Kompetensi Kepribadian, Karakter Disiplin, Peserta Didik


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.