OPTIMALISASI IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PENGELOLAAN PENDIDIKAN KARAKTER DI KABUPATEN KULON PROGO

Mukhlisin Mukhlisin,
Suharno Suharno,

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui penyebab belum optimalnya implementasi kebijakan pengelolaan pendidikan karakter. 2) Mendiskripsikan optimalisasi implementasi kebijakan pengelolaan pendidikan karakter. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskripif dengan pendekatan kualitatif. Penentuan subjek penelitian dilakukan dengan teknik purposive. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode wawancara dan metode dokumentasi. Teknik pemeriksaan keabsahan data menggunakan teknik cross check. Teknik analisis data dilakukan dengan tahap-tahap reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan data. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) Penyebab belum optimalnya implementasi kebijakan pengelolaan pendidikan karakter yaitu pembuatan modul yang lama, kurangnya guru agama, sarana dan prasarana yang belum memadai, minimnya anggaran, belum terjalinnya koordinasi yang baik, kurangnya pengetahuan dari stakeholders, mutasi jabatan kepala sekolah, minimnya partisipasi masyarakat, perlunya adaptasi dari sekolah. 2) Optimalisasi implementasi kebijakan pengelolaan pendidikan karakter, meliputi a) Upaya pemerintah daerah yaitu menetapakan peraturan pelaksanaan kebijakan, menambah guru agama, pengadaan sarana dan prasarana yang memadai, meningkatakan anggaran, meningkatkan koordinasi, sosialisasi, promosi jabatan kepala sekolah, mensinergikan kebijakan dengan peran masyarakat dan menginternalisasikan kebijakan pada kegiatan pembelajaran yang menyenangkan. b) Upaya satuan pendidikan yaitu melaksanakan penguatan pendidikan karakter melalui kegiatan intrakurikuler, kegiatan kokurikuler dan kegiatan ekstrakurikuler.

Kata Kunci: Optimalisasi, Kebijakan,Peraturan Daerah, Pendidikan Karakter


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.