KEEFEKTIFAN IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN PPKN BERBASIS MASALAH BERBANTU VIDEO DALAM PEMBENTUKAN SIKAP NASIONALISME

Gesti Wahyuningsih,
Samsuri Samsuri,

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) keefektifan implementasi pembelajaran PPKn berbasis masalah berbantu video dalam pembentukan sikap nasionalisme peserta didik di MTs Ibnul Qoyyim Putra. 2) keefektifan implementasi pembelajaran PPKn berbasis masalah berbantu video dalam pembentukan sikap nasionalisme peserta didik di MTs Ibnul Qoyyim Putri. dan 3) perbedaan keefektifan implementasi pembelajaran PPKn berbasis masalah berbantu video dalam pembentukan sikap nasionalisme antara peserta didik di MTs Ibnul Qoyyim Putra dan Putri. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu. Sampel penelitian ini berjumlah 80 peserta didik. Instrumen pengumpulan data dengan angket dan tes. Instrumen diuji menggunakan korelasi Product Moment (rxy) dan uji reliabilitas dengan teknik Cronbach’s Alpha. Uji normalitas yang digunakan adalah rumus Kolmogorov-Smirnov, untuk uji statistik untuk homogenitas data dan uji-t dan uji hipotesis dengan menggunakan gain score. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pertama, implementasi pembelajaran PPKn berbasis masalah berbantu video efektif dalam pembentukan sikap nasionalisme di  MTs Ibnul Qoyyim Putra. Kedua, implementasi pembelajaran PPKn berbasis masalah berbantu video efektif dalam pembentukan sikap nasionalisme di MTs Ibnul Qoyyim Putri. Ketiga terdapat perbedaan keefektifan implementasi pembelajaran PPKn berbasis masalah berbantu video dalam pembentukan sikap nasionalisme kelas putra dan putri.

Kata Kunci : Pembelajaran Berbasis Masalah, Media Video, Sikap Nasionalisme


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.