PENGUATAN NILAI-NILAI PANCASILA DALAM PENYELENGGARAAN PARIWISATA OLEH DINAS PARIWISATA DI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

Muhammad Ridwan Muhammad,

Abstract


ABSTRAK

Penelitian bertujuan mendeskripsikan: (1) Penguatan nilai-nilai Pancasila dalam penyelenggaraan Pariwisata oleh Dinas Pariwisata di DIY: (2) Kendala yang dihadapi Dinas Pariwisata dalam penguatan nilai-nilai Pancasila dalam penyelenggaraan Pariwisata oleh Dinas Pariwisata di DIY: (3) Upaya yang dilakukan Dinas Pariwisata dalam Penguatan nilai-nilai Pancasila dalam penyelenggaraan Pariwisata oleh Dinas Pariwisata di DIY.

Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Dilaksanakan pada bulan Januari 2018 sampai dengan Mei 2018. Penentuan subjek menggunakan teknik purposive. Subjek penelitian yaitu  Kepala Seksi Kelembagaan Dinas Pariwisata DIY Ibu Dra. Titi Sulistyani, Ketua Harian Desa Wisata Bapak Sumijan, dan Pegunjung Wisata Sdr. Farchan. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara, dan Observasi. Teknik pemeriksaan keabsahan data menggunakan teknik cross check. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis data induktif, yang terdiri dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.

Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Dinas Pariwisata telah mendeskripsikan penguatan nilai-nilai Pancasila, yaitu nilai ketuhanan YME, nilai kemanusiaan yang adil dan beradab, nilai persatuan Indonesia, nilai kerakyatan yang dipimpium oleh hikmat kebijaksanaan dan permusyawaratan perwakilan serta nilai keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia namun nilai kemanusiaan yang adil dan beradab serta keadilan social bagi seluruh rakyat Indonesia belum sepenuhnya terimplementasi (2) Kendala-kendala dalam penguatan nilai-nilai Pancasila yang baik terdiri dari : (a) Minimnya rasa toleransi didalam masyarakat (b) Kelembagaan yang belum maksimal dan sumber daya manusia yang kurang profesional (c) Masih sering terjadinya konflik antara masyarakat sadar wisata dan bukan sadar wisata, (d) Adanya oknum wisata yang tidak bertanggung jawab dan menguntungkan pribadi; (3) Upaya untuk meminimalisasi kendala-kendala dalam penguatan nilai-nilai Pancasila terhadap penyelenggaraan Pariwisata di DIY: (a) Peningkatan kapasitas SDM yang profesional dan bersertifikat, (b) Peningkatan sinergitas antar lembaga pariwisata, (c) Menciptakan kepariwisataan lintas sektor, (d) Optimalisasi peran serta asosiasi kelembagaan, (e) Peningkatan kualitas kelompok sadar wisata yang berkelanjutan, (f) Peningkatan kualitas dan kuantitas sapta pesona, (g) Pengembangan pemasaran pariwisata dalam peningkatan integrasi antar semua stagholder, (h) Meningkatkan variasi dan perluasan promosi informasi Pariwisata secara efektif dan efisien.

Kata Kunci : Penguatan Nilai-nilai Pancasila dalam Penyelenggaraan Pariwisata oleh Dinas Pariwisata di Daerah Istimewa Yogyakarta.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.