PERANAN GURU PPKn DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN SOSIAL SISWA DI SMP N 3 BANTUL

Andri Hermawan Andri,

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) peranan guru Pendidikan Pancasila Kewarganegaraan dalam meningkatkan keterampilan sosial siswa; 2) apa saja hambatan yang dihadapi guru Pendidikan Pancasila Kewarganegaraan dalam meningkatkan keterampilan sosial siswa; dan 3) upaya yang dilakukan guru Pendidikan Pancasila Kewarganegaraan dalam mengatasi hambatan meningkatkan keterampilan sosial siswa.

Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian adalah guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di SMP N 3 Bantul. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Keabsahan data menggunakan teknik triangulasi. Analisis data dengan analisis deskriptif kualitatif yang mencakup reduksi data, display data, dan pengambilan kesimpulan.

Hasil penelitian adalah sebagai berikut: 1) peranan guru PPKn dalam meningkatkan keterampilan sosial siswa di SMP N 3 Bantul, meliputi: pertama, guru membuat RPP dengan memasukkan materi-materi yang berkaitan dengan keterampilan sosial, kedua, guru  melaksanakan pembelajaran yang mendukung peningkatan keterampilan sosial siswa seperti penggunaan metode pembelajaran agar siswa aktif , ketiga, guru melakukan penilaian dari segi kognitif maupun keterampilan sosial siswa; 2), kendala-kendala yang dihadapi guru PPKn dalam meningkatkan keterampilan sosial siswa meliputi; pertama, kurikulum 2013 tidak mengatur spesifik tentang keterampilan sosial, kedua, strategi dan media pembelajaran yang dikuasai guru masih terbatas, ketiga, adanya siswa-siswa nakal yang bergerombol didalam kelas yang membuat pembelajaran menjadi tidak kondusif; 3) upaya untuk mengatasi hambatan antara lain; pertama guru sering sharing dengan guru PPKn lain mengenai kurikulum 2013, kedua, mengembangkan strategi dan media pembelajaran yang menyenangkan dapat berupa simulasi dan permainan, ketiga, berkomunikasi dengan guru BK lebih intens untuk mengatasi siswa yang nakal.

Kata kunci : Peranan Guru PPKn, Keterampilan sosial, siswa

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.