PENGARUH METODE JIGSAW TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN SISWA KELAS VII DI MTS MA’ARIF NU BANJARSARI WINDUSARI MAGELANG

Eva - Luluk,

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode Jigsaw terhadap hasil belajar Pendidikan Kewarganegaraan siswa kelas VII MTs Ma’arif NU Banjarsari. Penelitian ini merupakan penelitian Kuantitatif dengan metode ekserimen. Variabel dalam penelitian ini adalah peningkatan hasil belajar pendidikan Kewarganegaraan dan metode Jigsaw. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII di MTs Ma’arif  NU Banjarsari sebanyak 52 siswa. Teknik pengumpulan data mengunakan metode tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunkan adalah (1) One-Sample Kolgomorov Smirnov untuk menguji Uji Normaslitas. (2) Oneway ANOVA untuk menguji Uji Homogenitas. (3) Man-Whitney untuk menguji Uji Beda. Data yang diperoleh diolah menggunakan program SPSS.Hasil penelitian menunjukan bahwa, metode Jigsaw berpengaruh dalam peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn. Analisis Oneway ANOVA menunjukkan signifikan (Sig) 0,254 nilai tersebut lebih besar dari 0,05 maka Ho diterima. Artinya varian dari populasi adalah diterima. (3) karena ada data normalitas yang tidak normal maka untuk menguji Uji Beda dengan Mann-Whitney. Analisis Mann-Whitney menunjukkan nilai Asymp. Sig. (2-tailed) 0,003 lebih kecil dari 0,05 artinya Ha diterima atau terdapat perbedaan hasil belajar mata pelajaran PKn siswa kelas eksperimen lebih unggul dari kelas kontrol.

Kata Kunci: Metode Jigsaw, Hasil Belajar, PKn


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.