PELAKSANAAN MOVING CLASS PADA SISWA KELAS X DALAM PROSES PEMBELAJARAN TEKSTIL DI SMK NEGERI 4 SURAKARTA
Dr. Widihastuti,
Abstract
Tujuan penelitian ini dirancang untuk mengetahui: (1) pelaksanaan moving class di SMK N 4 Surakarta;
dan (2) pelaksanaan moving class pada siswa kelas X dalam proses pembelajaran tekstil di SMK N 4 Surakarta.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan survey. Teknik pengumpulan data dengan
angket, observasi dan wawancara. Populasi penelitian adalah siswa kelas X busana sebanyak 130 orang dan
ukuran sampel penelitian sebanyak 98 orang yang ditentukan dengan proportional random sampling. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa: (1) Pelaksanaan moving class di SMK N 4 Surakarta berdasarkan hasil angket,
observasi dan wawancara guru, ditinjau dari perencanaan pembelajaran, manajemen kelas, proses pelaksanaan,
proses pembelajaran dan persepsi siswa terkait dengan konsentrasi & motivasi belajara siswa belum berjalan
dengan baik dan lancar. Hal ini dibuktikan dari pencapaian pelaksanaan pembelajaran yang belum mencapai
100%; dan (2) pelaksanaan moving class pada siswa kelas X dalam proses pembelajaran tekstil di SMK N 4
Surakarta belum berjalan dengan lancar, dari keseluruhan kelas X busana 1 sampai 4, hanya satu kelas yang
paling aktif dan kompak saat proses pembelajaran tekstil yaitu kelas X busana 1.
Kata kunci : moving class, pembelajaran tekstil, SMK N 4 Surakarta
dan (2) pelaksanaan moving class pada siswa kelas X dalam proses pembelajaran tekstil di SMK N 4 Surakarta.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan survey. Teknik pengumpulan data dengan
angket, observasi dan wawancara. Populasi penelitian adalah siswa kelas X busana sebanyak 130 orang dan
ukuran sampel penelitian sebanyak 98 orang yang ditentukan dengan proportional random sampling. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa: (1) Pelaksanaan moving class di SMK N 4 Surakarta berdasarkan hasil angket,
observasi dan wawancara guru, ditinjau dari perencanaan pembelajaran, manajemen kelas, proses pelaksanaan,
proses pembelajaran dan persepsi siswa terkait dengan konsentrasi & motivasi belajara siswa belum berjalan
dengan baik dan lancar. Hal ini dibuktikan dari pencapaian pelaksanaan pembelajaran yang belum mencapai
100%; dan (2) pelaksanaan moving class pada siswa kelas X dalam proses pembelajaran tekstil di SMK N 4
Surakarta belum berjalan dengan lancar, dari keseluruhan kelas X busana 1 sampai 4, hanya satu kelas yang
paling aktif dan kompak saat proses pembelajaran tekstil yaitu kelas X busana 1.
Kata kunci : moving class, pembelajaran tekstil, SMK N 4 Surakarta
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.21831/teknik%20busana.v5i4.4404
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2016 E-JOURNAL PENDIDIKAN TEKNIK BUSANA - S1