IDENTIFIKASI FAKTOR-FAKTOR KESULITAN BELAJAR MATA PELAJARAN TEKSTIL MATERI PENGETAHUAN SERAT TEKSTIL KELAS X TATA BUSANA DI SMK NEGERI 3 MAGELANG
Noor Fitrihana, M.Eng,
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengidentifikasi faktor-faktor penyebab kesulitan belajar mata pelajaran tekstil materi pengetahuan serat tekstil kelas X Tata Busana di SMK Negeri 3 Magelang; 2) mengetahui faktor-faktor yang paling dominan penyebab kesulitan belajar mata pelajaran tekstil materi serat tekstil kelas X tata busana di SMK Negeri 3 Magelang.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan dokumentasi. Validitas yang digunakan adalah validitas konstruk yang telah diuji cobakan dan dikonsultasikan kepada para ahli (judgement expert). Reliabilitas angket menggunakan rumus belah dua (split-half) yaitu dinyatakan reliabel dengan nilai 0,273. Subjek penelitian sebanyak 50 siswa yang ditentukan berdasarkan hasil tes yang belum memenuhi SKM (Standar Ketuntasan Minimal) yaitu 70.
Hasil Penelitian menunjukkan bahwa: 1) faktor-faktor penyebab kesulitan belajar yaitu faktor internal meliputi faktor fisiologi sebesar 27%, faktor psikologi sebesar 34,85%, faktor kelelahan sebesar 62,5%. Sedangkan faktor eksternal meliputi faktor keluarga sebesar 49%, faktor sekolah sebesar 42%, faktor masyarakat sebesar 33,7%; 2) faktor yang mempengaruhi kesulitan belajar siswa kelas X Tata Busana di SMK Negeri 3 Magelang yaitu faktor internal meliputi faktor kelelahan sebesar 62,5% ( tingkat kesulitan belajar tinggi), sedangkan faktor eksternal menyebabkan kesulitan belajar mata pelajaran tekstil materi pengetahuan serat tekstil kelas X Tata Busana di SMK Negeri 3 Magelang yaitu faktor keluarga sebesar 49% (tingkat kesulitan belajar cukup tinggi), faktor sekolah sebesar 42% (tingkat kesulitan belajar cukup tinggi).
Kata kunci : Identifikasi, Faktor Kesulitan Belajar, Pengetahuan Serat Tekstil.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan dokumentasi. Validitas yang digunakan adalah validitas konstruk yang telah diuji cobakan dan dikonsultasikan kepada para ahli (judgement expert). Reliabilitas angket menggunakan rumus belah dua (split-half) yaitu dinyatakan reliabel dengan nilai 0,273. Subjek penelitian sebanyak 50 siswa yang ditentukan berdasarkan hasil tes yang belum memenuhi SKM (Standar Ketuntasan Minimal) yaitu 70.
Hasil Penelitian menunjukkan bahwa: 1) faktor-faktor penyebab kesulitan belajar yaitu faktor internal meliputi faktor fisiologi sebesar 27%, faktor psikologi sebesar 34,85%, faktor kelelahan sebesar 62,5%. Sedangkan faktor eksternal meliputi faktor keluarga sebesar 49%, faktor sekolah sebesar 42%, faktor masyarakat sebesar 33,7%; 2) faktor yang mempengaruhi kesulitan belajar siswa kelas X Tata Busana di SMK Negeri 3 Magelang yaitu faktor internal meliputi faktor kelelahan sebesar 62,5% ( tingkat kesulitan belajar tinggi), sedangkan faktor eksternal menyebabkan kesulitan belajar mata pelajaran tekstil materi pengetahuan serat tekstil kelas X Tata Busana di SMK Negeri 3 Magelang yaitu faktor keluarga sebesar 49% (tingkat kesulitan belajar cukup tinggi), faktor sekolah sebesar 42% (tingkat kesulitan belajar cukup tinggi).
Kata kunci : Identifikasi, Faktor Kesulitan Belajar, Pengetahuan Serat Tekstil.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.21831/teknik%20busana.v5i5.3435
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2016 E JOURNAL PENDIDIKAN TEKNIK BUSANA - S1