HUBUNGAN MOTIVASI BELAJAR DAN DUKUNGAN FASILITAS PRAKTIK DENGAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN DASAR TEKNOLOGI MENJAHIT PADA SISWA KELAS X DI SMK NEGERI 1 SEWON
Dr. Sri Wening,
Abstract
Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui: (1) motivasi belajar Dasar Teknologi Menjahit, (2) dukungan fasilitas Dasar Teknologi Menjahit, (3) hasil belajar Dasar Teknologi Menjahit pada siswa kelas X di SMK Negeri 1 Sewon, (4) hubungan motivasi belajar dan dukungan fasilitas praktik dengan hasil belajar Dasar Teknologi Menjahit secara mandiri maupun bersama-sama. Penelitian ini merupakan penelitian korelasional dengan pendekatan kuantitatif. Ukuran sampel penelitian sebanyak 95 orang ditentukan dengan rumus tabel Isaac dan Michael dengan taraf signifikansi 5% dengan teknik proportional random sampling. Data motivasi belajar dan dukungan fasilitas diperoleh dari angket, dokumentasi nilai diperoleh dari guru. Analisis data menggunakan korelasi product moment berganda. Hasil penelitian: (1) motivasi belajar siswa berada dalam kategori tinggi sebesar 40%, (2) dukungan
fasilitas praktik berada dalam kategori tinggi sebesar
36,9%, (3) hasil belajar siswa sebagian besar
memiliki skor 85-86 sebanyak 29,5%, (4) terdapat hubungan positif dan signifikan antara
motivasi
belajar dengan hasil belajar dibuktikan dengan
(0,788) >
(0,202) pada taraf signifikansi
5%, dukungan fasilitas praktik dengan hasil belajar dibuktikan dengan
(0,241) >
(0,202)
pada taraf signifikansi 5% dan terdapat hubungan positif motivasi belajar dan dukungan fasilitas praktik dengan hasil belajar dibuktikan dengan (0,617) > (0,202) pada taraf signifikansi 5% dalam kategori kuat, sehingga motivasi belajar dan dukungan fasilitas memberikan sumbangan terhadap hasil belajar sebesar 61,7%.
Kata kunci: motivasi belajar siswa, dukungan fasilitas praktik, hasil belajar
fasilitas praktik berada dalam kategori tinggi sebesar
36,9%, (3) hasil belajar siswa sebagian besar
memiliki skor 85-86 sebanyak 29,5%, (4) terdapat hubungan positif dan signifikan antara
motivasi
belajar dengan hasil belajar dibuktikan dengan
(0,788) >
(0,202) pada taraf signifikansi
5%, dukungan fasilitas praktik dengan hasil belajar dibuktikan dengan
(0,241) >
(0,202)
pada taraf signifikansi 5% dan terdapat hubungan positif motivasi belajar dan dukungan fasilitas praktik dengan hasil belajar dibuktikan dengan (0,617) > (0,202) pada taraf signifikansi 5% dalam kategori kuat, sehingga motivasi belajar dan dukungan fasilitas memberikan sumbangan terhadap hasil belajar sebesar 61,7%.
Kata kunci: motivasi belajar siswa, dukungan fasilitas praktik, hasil belajar
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.21831/teknik%20busana.v5i2.2425
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2016 E JOURNAL PENDIDIKAN TEKNIK BUSANA - S1