ANALISIS PERAWATAN LABORATORIUM BUSANA SMK NEGERI 3 MAGELANG
Enny Zuhni Khayati, M.Kes,
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: (1) Perawatan sarana laboratorium busana ditinjau
dari segi perawatan preventif dan perawatan korektif yang dilakukan di SMK N 3 Magelang. (2)
Perawatan Prasarana laboratorium busana ditinjau dari segi perawatan preventif dan perawatan
korektif yang dilakukan di SMK N 3 Magelang.
Jenis penelitian adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan survei. Subjek penelitian yaitu
Guru Produktif Tata Busana dan siswa kelas X Busana 2 yang berjumlah 36 orang, ditentukan secara
purposive dan insidental. Objek penelitian yaitu laboratorium busana yang meliputi sarana dan
prasarana. Teknik pengambilan data adalah observasi, wawancara, dan angket. Validitas menggunakan
Judgment Expert dan reliabilitas instrumen penelitian menggunakan rumus koefisien alpha cronbach
dibantu dengan progam spss 20. Teknik analisis data dengan menggunakan statistik deskriptif
kualitatif dan kuantitatif. Analisis deskriptif kualitatif dilakukan dengan langkah-langah: (1) reduksi
data; (2) penyajian data dalam bentuk tabel; dan (3) penarikan kesimpulan. Analisis data kuantitatif
dilakukan dengan statistik deskriptif.
Hasil penelitian menunjukkan : (1) Perawatan sarana laboratorium busana di SMK N 3
Magelang yang belum dilakukan perawatan preventif adalah meja potong dan mesin obras. Perawatan
preventif yang dilakukan meliputi perawatan inspeksi, pelumasan, perencanaan dan penjadwalan,
pengadministrasian dan penyimpanan suku cadang. Sarana laboratorium busana yang belum
dilakukan perawatan secara korektif adalah mesin obras. Perawatan korektif dilakukan ketika terjadi
kerusakan secara insidental. (2) Prasarana laboratorium busana di SMK N 3 Magelang sudah
dilakukan perawatan secara preventif dan korektif. Perawatan preventif yang dilakukan meliputi
perencanaan dan penjadwalan, pengadministrasian, dan penyimpanan suku cadang. Perawatan
korektif dilakukan ketika terjadi kerusakan secara insidental pada prasarana laboratorium busana.
Kata kunci : Perawatan, Laboratorium Busana, SMK N 3 Magelang
dari segi perawatan preventif dan perawatan korektif yang dilakukan di SMK N 3 Magelang. (2)
Perawatan Prasarana laboratorium busana ditinjau dari segi perawatan preventif dan perawatan
korektif yang dilakukan di SMK N 3 Magelang.
Jenis penelitian adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan survei. Subjek penelitian yaitu
Guru Produktif Tata Busana dan siswa kelas X Busana 2 yang berjumlah 36 orang, ditentukan secara
purposive dan insidental. Objek penelitian yaitu laboratorium busana yang meliputi sarana dan
prasarana. Teknik pengambilan data adalah observasi, wawancara, dan angket. Validitas menggunakan
Judgment Expert dan reliabilitas instrumen penelitian menggunakan rumus koefisien alpha cronbach
dibantu dengan progam spss 20. Teknik analisis data dengan menggunakan statistik deskriptif
kualitatif dan kuantitatif. Analisis deskriptif kualitatif dilakukan dengan langkah-langah: (1) reduksi
data; (2) penyajian data dalam bentuk tabel; dan (3) penarikan kesimpulan. Analisis data kuantitatif
dilakukan dengan statistik deskriptif.
Hasil penelitian menunjukkan : (1) Perawatan sarana laboratorium busana di SMK N 3
Magelang yang belum dilakukan perawatan preventif adalah meja potong dan mesin obras. Perawatan
preventif yang dilakukan meliputi perawatan inspeksi, pelumasan, perencanaan dan penjadwalan,
pengadministrasian dan penyimpanan suku cadang. Sarana laboratorium busana yang belum
dilakukan perawatan secara korektif adalah mesin obras. Perawatan korektif dilakukan ketika terjadi
kerusakan secara insidental. (2) Prasarana laboratorium busana di SMK N 3 Magelang sudah
dilakukan perawatan secara preventif dan korektif. Perawatan preventif yang dilakukan meliputi
perencanaan dan penjadwalan, pengadministrasian, dan penyimpanan suku cadang. Perawatan
korektif dilakukan ketika terjadi kerusakan secara insidental pada prasarana laboratorium busana.
Kata kunci : Perawatan, Laboratorium Busana, SMK N 3 Magelang
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.21831/teknik%20busana.v5i1.2152
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2016 E JOURNAL PENDIDIKAN TEKNIK BUSANA - S1