PENGARUH PENGGUNAAN VIDEO PEWARNAAN TEKNIK KERING TERHADAP KEMAMPUAN UNJUK KERJA DESAIN BUSAN SISWA KELAS XI SMK MUHAMMADIYAH 1 SAWANGAN MAGELANG
Triyanto Triyanto, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Abstract
Tujuan penlitian: 1) Mengetahui kemampuan hasil unjuk kerja sebelum menggunakan video pewarnaan. 2) Mengetahui kemampuan hasil unjuk kerja sesudah menggunakan video pewarnaan 3) Mengatahui pengaruh penggunaan video pewarnaan terhadap kemampuan hasil unjuk kerja siswa.Penelitian ini merupakan penelitian Pre-Eksperimen Design tipe One-Group Pretest-Posstest Design. Teknik pengumpulan data menggunakan tes unjuk kerja. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa
1) pencapaian unjuk kerja dan tahapan-tahapan proses penyelesaian desain busana jaket tailoring teknik penyelesaian kering pada uji pretest sebesar 46% (12 siswa) tuntas dan sebesar 54% (14 siswa) tidak tuntas. 2) pencapaian unjuk kerja dan tahapan-tahapan proses penyelesaian desain busana jaket tailoring teknik penyelesaian kering pada uji posttest menggunakan video pewarnaan teknik kering sebesar 100 % (26 siswa) tuntas. Dari perbedaan jumlah ketuntasan siswa pada uji tes pretest-posttest menunjukan peningkatan yang sangat jelas yaitu 46% menjadi 100% siswa tuntas dalam kemampuan unjuk kerja. 3) pengaruh hasil akhir dari pretest ke posttest menunjukan kenaikan sebesar 54% pada tingkat ketuntasan. Berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan bahwa video pembelajaran terbukti efektif dalam pembelajaran desain busana pembuatan desain busana secara kering. Sehingga memiliki kemampuan akhir yang berbeda setelah diberikan perlakuan (treatment).
Kata kunci : Video Pewarnaan Teknik Kering, Desain Busana, Unjuk Kerja
Full Text:
PDFReferences
Mustholiq, Imam. 2007.pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis multimedia pada mata kuliah dasar listrik. JPTK, Vol.16, No.1 (2007)(Mei)
Hendy, Rijal. 2011. Kemampuan Awal (Prior Knowledge). http://resoludirijal.blogspot.com/2011/04/ke mampuann-awal-prior-knowledge.html (diakses pada tanggal 12 juni 2011)
Bahri D Syaiful dan Aswan Zain. (1997). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta
DOI: https://doi.org/10.21831/teknik%20busana.v10i4.18180
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Jurnal Fesyen: Pendidikan dan Teknologi