IDENTIFIKASI FAKTOR PENDUKUNG PENCAPAIAN HASIL BELAJAR PENGOPERASIAN MESIN JAHIT PADA SISWA KELAS X SMK N 1 NGAWEN
Emy Budiastuti, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) faktor internal yang mendukung Hasil Belajar Pengoperasian Mesin Jahit Pada Mata Siswa Kelas X SMKN 1 Ngawen meliputi Jasmaniah , Psikologis dan Faktor Kelelahan ; (2) Faktor Eksternal yang mendukung Hasil Belajar Pengoperasian Mesin Jahit Pada Siswa Kelas X SMK Negeri 1 Ngawen meliputi Keluarga, Masyarakat, Sekolah, Waktu Belajar dan Media Massa. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Maret 2020 di SMKN 1 Ngawen. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 72 siswa. Pengambilan sampel menggunakan Sampling Jenuh yaitu sebanyak 72 siswa.Teknik pengumpulan data menggunakan angket dengan empat pilihan jawaban. Validitas isi instrumen yaitu dengan judgment expert (pertimbangan para ahli). Validitas konstruk instrumen dengan melakukan uji coba terhadap 38 siswa sebagai responden. Reliabilitas instrumen dihitung menggunakan Ms. Excel dengan rumus alpha cronbarch. Teknik analisis data pada penelitian ini adalah analisis deksriptif persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) secara umum pendukung pencapaian hasil belajar yang terbesar menurut responden adalah pada kategori tinggi yaitu sebesar 66,67%. (2) faktor internal pendukung pencapaian hasil belajar yang terbesar menurut responden adalah pada kategori sangat tinggi yaitu sebesar 75%. (3) faktor eksternal pendukung pencapaian hasil belajar terbesar menurut responden adalah pada kategori tinggi yaitu sebesar 65,28%,
Kata kunci : Identifikasi Faktor, Hasil Belajar, Pengoperasian Mesin Jahit, faktor internal, faktor eksternal
Full Text:
PDFReferences
Aji, Bayu.(2016).Identifikasi Faktor-Faktor Pendukung Mahasiswa Dalam Belajar Olahraga Panahan Di Unit Kegiatan Mahasiswa ( UKM ) Panahan Universitas Negeri Yogyakarta. Skripsi. Universitas Negeri Yogyakarta. Diakses dari ejournal.uny.ac.id pada tanggal 27 Desember 2019 pada pukul 09.30 WIB
Anwar, Ali.(2009). Statistika Untuk Penelitian Pendidikan dann Aplikasinya Dengan SPSS dan Excel.Kediri : IAIT Press
Ardisa, Yuyun.(2016).Identifikasi Faktor-Faktor Pendukung Siswa Dalam Kegiatan Ekstrakurikuler Softball Di SMA Negeri 1 Lendah Tahun Ajaran 2015/2016. Skripsi. Universitas Negeri Yogyakarta. Diakses dari ejournal.uny.ac.id pada tanggal 09 Januari 2020 pada pukul 09.30 WIB
Arifin, Tatang M.(2013).Manajemen Pendidikan. Yogyakarta : UNY Press
Cahyo, Ristian.(2010). Identifikasi Faktor Yang Mempengaruhi Prestasi Belajar Kewirausahaan Siswa Kelas XI SMK N I Punggelan Banjarnegara. Skripsi. Universitas Negeri Semarang. Diakses dari ejournal.unesa.ac.id pada tanggal 18 November 2016 pada pukul 09.30 WIB
Eka, Rita dkk.(2013). Perkembangan Peserta Didik.Yogyakarta : UNY Press
Herliani, Elly dkk.(2009).Penilaian Hasil Belajar. PPPPTK IPA : Bandung
Kunandar.(2014).Penilaian Autentik (Penilaian Hasil Peserta Didik Berdasarkan Kurikulum 2013). Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
Latipah, Eva.(2012).Pengantar Psikologi Pendidikan.Yogyakarta: pedagogia
Maunah, Binti.(2014).Psikologi Pendidikan.
Yogyakarta : Lingkar Media Muhibbinsyah.(2011).Psikologi Belajar.Jakarta:
PT Raja Grafindo Persada
Nurjan, Syarifan.(2016).Psikologi Belajar.
Ponorogo : Wade Group Paryanto.(2010).Penerapan Metode Kolaboratif
Tipe Group Investigation Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Teori Permesinan Dasar.Vol 19 No.2:173
Prihati, Sri.(2013). Dasar Teknologi Menjahit I.Direktorat Pembinaan SMK
Slameto.(1995).Belajar dan Identifikasi Faktor yang mempengaruhinya.Jakarta: PT Rineka Cipta
Soekamto, Toeti.(1997).Teori Belajar dan Model-model Pembelajaran. Jakarta : PAU-PPAI
Sulbiyah, Sri.(2013).Identifikasi Faktor Pendukung kelancaran belajar bola voli siswa putri kelas 5 SD N Tirto Grabag. Skripsi. Universitas Negeri Yogyakarta. Diakses dari ejournal.uny.ac.id pada tanggal 04 Februarii 2020 pada pukul
30 WIB
Sugihartono dkk.(2013).Psikologi Pendidikan.
Yogyakarta : UNY Press Sugiyono.(2007).Statistika Untuk Penelitian.
Bandung : Alfabeta
Suryobroto, Agus S.(2004). Diktat Mata Kuliah Sarana dan Prasarana Pendidikan Jasmani. Yogyakarta: FIK UNY.
Tim Pengembang MKDP Kurikulum dan Pembelajaran.(2011).Kurikulum & Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
Triharsiwi.(2014).Manajemen Pendidikan. Yogyakarta : Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
Triyanta, Septa.(2014). Identifikasi Faktor- Faktor Pendukung Akademik Mahasiswa Dalam Menempuh Pendidikan Di Prodi PGSD Pendidikan Jasmani Jurusan POR Universitas Negeri Yogyakarta Tahun 2013. Skripsi. Universitas Negeri Yogyakarta. Diakses dari ejournal.uny.ac.id pada tanggal 09 Januari 2020 pada pukul 09.30 WIB
DOI: https://doi.org/10.21831/teknik%20busana.v10i4.18178
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Jurnal Fesyen: Pendidikan dan Teknologi