PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DAN HASIL BELAJAR SERAT TEKSTIL SISWA KELAS X BUSANA BUTIK DI SMK MA’ARIF 1 KRETEK BANTUL

Elyta Kiki Rizkiyana, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Enny Zuhni Khayati, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Tujuan penelitian ini dirancang untuk:(1)mengetahui pelaksanaan pembelajaran serat tekstil pada siswa kelas X busana butik di SMK Ma’arif Kretek Bantul ditinjau dari aspek kegiatan pendahuluan, kegiatan inti, dan kegiatan penutup,(2)mengetahui hasil belajar serat tekstil pada siswa kelas X Busana Butik di SMK Ma’arif Kretek Bantul.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan survey. Pengambilan sampel menggunakan sampling jenuh yang menjadikan seluruh populasi menjadi sampel. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa Kelas X Busana Butik SMK Ma’arif Kretek Bantul yang berjumlah 24 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar angket, observasi dan pedoman wawancara. Validitas dilakuka dega menggunkaa judgmet Ekspert, pada ahli materi da ahli pelaksanaan pembelajaran. Reliabilitas dilakukan dengan menggunakan antar rater. Pengolahan data menggunakan Ms. Excel dan teknik analisis data yang digunakan adalah deskript kuantitatif.
Hasil penelitian menunjukan bahwa : 1)pelaksanaan pembelajaran serat tekstil siswa Kelas X Busana Butik SMK Ma’arif Kretek Bantul telah terlaksana dalam kategori baik dengan presentase 82%. Kegiatan pendahuluan telah terlaksana dalam kategori baik dengan presentase 85%. Kegiatan Inti telah terlaksana dalam kategori baik dengan presentase 83%, dan kegiatan penutup telah terlaksana dalam kategori baik dengan presentase 86%. Pelaksanaan pembelajaran serat tekstil telah sesuai dengan silabus dan kurikulum 2013.;2)Hasil belajar siswa dalam mata pelajaran tekstil di SMK Ma’arif 1 Kretek Bantul sudah 75% siswa yang mencapai KKM, hal ini berarti pelaksanaan pembelajaran serat tekstil masih perlu ditingkatkan.
Kata Kunci : Pembelajaran, hasil belajar serat tekstil, SMK Ma’arif 1 Kretek Bantul


Full Text:

PDF

References


Enny Zuhni Khayati, 1998, Teknik Pembuatan Busana 111. Yogyakarta : IKIP Yogyakarta

Ernawati,dkk.(2008).Tata busana jilid 1. Jakarta: Direktorat pembinaan sekolah menengah kejuruan.

E. Mulyasa. (2015). Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Fitrihana, Noor.(2011).Memilih bahan busana.

Yogyakarta: PT.Intan Sejati Klaten Hamalik, Oemar.(2001). Proses Belajar

Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara., 2008. Metode Diskusi.

Hamalik, Oemar. (2011). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Permendikbud. No.20. (2003). Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas.

Permendikbud. No.22 (2006). Tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Depdiknas..

Hamalik, Oemar. (2011). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Moelong. J. (2009). Metode Penelitian Kualitatif, Bandung: Rosdakarya. Sugiono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D,Bandung: Alfabeta.

Mulyasa.(2004). Manajemen Berbasis Sekolah.

Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nana Sudjana.( 2010 ). Dasar-dasar Proses Belajar.Bandung: Sinar Baru. Djamarah, Syaiful Bahri dan Aswan Zain. (2010). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta

Peraturan Pemerintah. No.32 (2013).Tentang Standar Nasional Pendidikan. Jakarta: Depdiknas

Perdirjen Dikdasmen No.464/D.D5/KR/2018 Tentang Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar. Jakarta: Depdiknas

Permendikbud No.103 (2014). Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas.

Silabus Busana Butik SMK Ma’arif Kretek..

Sugiono. (2009). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D,Bandung: Alfabeta.




DOI: https://doi.org/10.21831/teknik%20busana.v10i4.18177

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Fesyen: Pendidikan dan Teknologi