PENGGUNAAN PAKAIAN TRADISIONAL GAGRAK NGAYOGYAKARTA DI SMP NEGERI 8 YOGYAKARTA
Kapti Asiatun, UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA, Indonesia
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan pakaian tradisional Gagrak Ngayogyakarta di SMP Negeri 8 Yogyakarta. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif dengan populasi penelitian adalah seluruh siswa dan siswi SMP Negeri 8 Yogyakarta dengan jumlah 959 peserta didik dari jumlah total 30 kelas. Penentuan sampel dalam penelitian ini menggunakan proportionate stratified random sampling dan sampel sebesar 127 siswa dan 155 siswi. Penentuan jumlah sampel dengan menggunakan rumus Slovin dengan tingkat kesalahan 5%. Pengumpulan data menggunakan instrumen angket. Validitas instrumen dibuktikan menggunakan rumus korelasi product moment oleh Karl Pearson. Hasil perhitungan diperoleh sehingga instrumen penelitian dinyatakan valid karena rhitung > rtabel. Reliabilitas instrumen dibuktikan menggunakan rumus Alpha Cronbach diperoleh angka 0,925 untuk angket siswa dan 0,933 untuk angket siswi. Dengan demikian instrumen dinyatakan reliabel untuk pengambilan data. Analisis data menggunakan analisis deskriptif dengan bantuan Software SPSS version 16. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) penggunaan pakaian tradisional Gagrak Ngayogyakarta di SMP Negeri 8 Yogyakarta oleh siswa dinyatakan termasuk dalam kategori rendah, (2) penggunaan pakaian tradisional Gagrak Ngayogyakarta di SMP Negeri 8 Yogyakarta oleh siswi masuk dalam kategori sangat rendah, (3) penggunaan pakaian tradisional Gagrak Ngayogyakarta di SMP Negeri 8 Yogyakarta secara keseluruhan masuk dalam kategori sangat rendah.
Kata kunci: Penggunaan, pakaian tradisional, gagrak Ngayogyakarta
Abstract
This study aims to determine the application of Gagrak Ngayogyakarta traditional attire in 8 Junior High School of Yogyakarta. This type of research is a descriptive study with a quantitative approach with the study population being all students of 8 Junior High School of Yogyakarta with 959 students from 30 classes. This study use proportionate stratified random sampling to determine the amount of samples. Then 127 male students and 155 female students are found as sample. To determine the number of samples, this study use the Slovin formula with 5% rate of error. This study uses a questionnaire to collect data. The validity of the instrument determined by the product moment correlation formula by Karl Pearson. The results of the test are Valid as the rcount > rtable. The reliability of the instrument using the Alpha Croncbach formula acquire 0.925 for male student questionnaire and 0.933 for female student questionnaire, therefor the questionnaire are reliable for data collection. To analyze the data, this study use descriptive analysis with the assistance of SPSS version 16 software. The results showed that: (1) the application of Gagrak Ngayogyakarta traditional attire in 8 Junior High School of Yogyakarta by male students are in the "Low" category, (2) the application of Gagrak Ngayogyakarta traditional attire in 8 Junior High School of Yogyakarta by female students are in the "Very Low" category, (3) overall the application of Gagrak Ngayogyakarta traditional attire in 8 Junior High School of Yogyakarta are in the "Very Low" category.
Keywords: Application, traditional attire, gagrak Ngayogyakarta
Full Text:
PDFReferences
Abdul Wahab, Solichin. (2008). Pengantar Analisis Kebijakan Publik. Malang: Universitas Muhammadiyah Malang Press.
Krejcie, R. V., & Morgan, D. W. (1970). Determining Sample Size for Research Activities. Educational And Psychological Measurement, 30(3), 607-610.
Mardapi, Djemari. (2008). Teknik Penyusunan Instrumen Tes Dan Nontes. Yogyakarta: MITRA CENDEKIA Press Yogyakarta.
Margono, S. (2004). Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: PT RINEKA CIPTA.
Nugraha, S. (2007). Penentuan Ukuran Sampel Memakai Rumus Slovin dan Tabel Krejcie-Morgan: Telaah Konsep dan Aplikasinya. Bandung: Fakultas Peternakan Universitas Padjajaran.
Nurdin, Syafruddin & Usman, Basyiruddin. (2003). Guru Profesional dan Implementasi Kurikulum. Jakarta: Ciputat Press.
Nurul Alvianti. (2017). Implementasi Kebijakan Kebudayaan Daerah Penggunaan Pakaian Adat Tradisional Yogyakarta di SMA Negeri 9
Yogyakarta. Jurnal Hanata Widya. Volume 6 Nomor 7. Hlm. 76-79.
Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Supranto. (2007). Teknik Sampling Untuk Survei Dan Eksperimen. Jakarta: Rineka Cipta.
Taniredja, Tukiran & Mustafidah, Hidayati. 2012. Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.
Wibowo, H.J. et al. (1990). Pakaian Adat Tradisional Daerah Daerah Istimewa Yogyakarta. Jakarta: Departemen Pendidikan Dan Kebudayaan.
DOI: https://doi.org/10.21831/teknik%20busana.v10i3.18122
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Jurnal Fesyen: Pendidikan dan Teknologi