PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN PEMBUATAN DESAIN BUSANA PESTA WANITA SECARA DIGITAL VIDEO DEVELOPMENT LEARNING ABOUT MAKING WOMEN’S PARTY FASHION DESIGN DIGITALLY
Sri Widarwati, M.Pd, , Indonesia
Abstract
Penelitian ini bertujuan: mengembangkan video pembelajaran pembuatan desain busana pesta wanita secara digital,
mengetahui kelayakan video pembelajaran pembuatan desain busana pesta wanita secara digital . Penelitian ini
merupakan penelitian Rn D model Alessi & Trollip. Subyek penelitian ini yaitu kelas XI Tata Busana SMKN 6
Purworejo . Pengumpulan data menggunakan angket . Validitas menggunakan content validity dengan
judgement expert, hasil instrumen dinyatakan valid. Reabilitas alpha cronbach 0,932 dinyatakan reliabel
. Analisis data dengan teknik analisis deskriptif kuantitatif. Pengembangan dilakukan melalui a) Tahap Planning
mengkaji dan mengumpulkan materi untuk penelitian b) Tahap Design menentukan materi pembelajaran, membuat
flow chart dan storyboard. c) Tahap Development storyboard direalisasikan menjadi video pembelajaran yang
diunggah di platform Youtube. Hasil kelayakan oleh ahli materi 11,33 kategori layak, ahli media 12 kategori layak,
uji perorangan 85,8 kategori sangat layak, serta uji coba lapangan 81,12 kategori layak. Berdasarkan hasil tersebut,
video pembelajaran pembuatan desain busana pesta wanita secara digital layak digunakan sebagai media belajar
bagi siswa kelas XI.
Kata kunci: video pembelajaran, mendesain busana pesta wanita, digital macromedia flash 8.
This research aimed to ; de veloping video learning related on creating woman’s party fashion design on digital platform , measure creadibility of video learning about creating woman’s party fashion design digitally . This
development is a Rn D using Al lesi and Trol iip’s. The subjek of this resea rch is class XI
Fashion Design
SMKN
6
Purworejo . The validity itself is using content validity by expert judgements opinion with the results of the instrument
that declared valid. The reability us ing C ronbach’s Al pha 0,932 declared reliable. The data analysis used is
descriptive quantitative analysis techniques. Developing was carried out through the following stages:a) Planning
stage to review and collect the materials used for research. b) The design stage determines the learning mateial, such as making flowchart and storyboard. c) Development stage is realized storyboard into learning video trough the
Youtube platform. The result of the feasibility test of material experts is 11,33 which classified as appropriate, by
media expert is 12 classified as appropriate, individual test 85.8 with very feasible category, and field trial 81.12 with
feasible category. Based on the results, it shows that the instructional video for making women's party dress designs
digitally is feasibletobeusedasalearningmediumforclassXI.
Keywords : learning video, digital women’s party fashion design, digitally macromedia flash
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, Suharsimi. (2013). Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rinneka Cipta.
Darmawati. (2015). Pengaruh Supervisi Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru Di SMP Negeri 1 Parung Kecamatan Parung Kabupaten Bogor. Jurnal Governansi Vol 1 No.1. Bogor: Universitas Djuanda.
Arsyad, Arsyad. (2017). Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo.
Hendryadi. (2017). Validitas Isi: Tahap Awal Pengembangan Kuisioner. Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis Vol 2 No.2. Jakarta: Universitas Islam Attahiriyah.
Landis, J. R & Koch, G. G. (1977). The measurement of observer agreement for categorial data. Biometrics, 33 (1), 159-174.
_________Permendikbud No. 34 Tahun 2018 Tentang Sistem Pendidikan Nasional
_________Perdirjen No. 464 Tahun 2018 Tentang Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Mata Pelajaran Muatan Nasional
Sadirman, A. S. (2014). Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan dan Pemanfaatannya. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&N. Bandung: Alfabeta.
Nunuk, dkk. (2018). Media Pembelajaran Inovatif dan Pengembangannya. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
DOI: https://doi.org/10.21831/teknik%20busana.v10i1.17237
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 E-JOURNAL PENDIDIKAN TEKNIK BUSANA - S1