PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN SULAMAN MERUBAH CORAK KOMPETENSI MEMBUAT TUSUK DASAR HIASAN PADA SISWA SMK NEGERI 1 DEPOK THE DEVELOPMENT OF A VIDEO LEARNING MEDIA ON MODIFYING EMBROIDERY PATTERNS IN THE COMPETENCY OF MAKING BASIC DECORATIVE STITCHES FOR STUDENTS AT VOCATIONAL HIGH SCHOOL SMKN 1 DEPOK
Dr. Dra. Emy Budiastuti, M.Pd., , Indonesia
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk : (1) menghasilkan media video pembelajaran pembuatan
sulaman merubah corak kompetensi membuat tusuk dasar hiasan di SMKN 1 Depok yang layak
digunakan sebagai media, dan (2) mengetahui kelayakan media video pembelajaran pembuatan sulaman
merubah corak berdasarkan penilaian ahli materi, ahli media dan siswa di SMKN 1 Depok. Penelitian ini
merupakan jenis penelitian dan pengembangan atau research and development (R&D), model
pengembangan Borg & Gall yang disederhanakan oleh Tim Puslitjaknov. Subjek Penelitian ini yaitu
siswa kelas XI Tata Busana di SMKN 1 Depok berjumlah 29 siswa. Metode pengumpulan data dengan
observasi dan wawancara. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif kuantitatif. Hasil
penelitian ini berupa: (1) media video pembelajaran sulaman merubah corak dengan format MP4 dengan
ukuran 443MB. (2) hasil kelayakan media pembelajaran sebagai berikut: ahli materi menyatakan layak
(100%), ahli media menyatakan layak (100%), uji coba lapangan skala kecil dinyatakan sangat layak
(84,34%), dan uji skala besar dinyatakan sangat layak (81,34%). Berdasarkan hasil tersebut media video
pembelajaran sulaman merubah corak kompetensi membuat tusuk dasar hiasan pada siswa SMKN 1
Depok dinyatakan layak digunakan dalam pembelajaran.
Kata Kunci: penelitian dan pengembangan, media pembelajaran video, sulaman merubah corak
This study aims to (1) produce a video learning media on modifying embroidery patterns in the
competency of making basic decorative stitches at vocational high school SMKN 1 Depok that is feasible
for use, and (2) examine the feasibility of the video learning media on modifying pattern embroidery based
on the assessment of material and media experts, as well as that of students at SMKN 1 Depok. This is a
research and development (R&D) study using Borg & Gall’s development model that has been simplified
by the team at the Center for Innovation and Policy Research. The subjects of this study is 29 students
were Grade 11 Fashion Design students at SMKN 1 Depok. The methods of data collection were
observation and interviews. The data analysis technique employed the quantitative descriptive statistical
analysis. The results of this study are as follows: (1) a video learning media on modifying embroidery
patterns with the MP4 format and a size of 443 MB; and (2) the media declared as “feasible” by material
experts (100%) and media experts (100%), and “very feasible” based on the small-scale (84.34%) and
large-scale trials (81.34%). These results suggest that the video learning media on modifying embroidery
patterns in the competency of making basic decorative stitches at vocational high school SMKN 1 Depok
is feasible for use in learning.
Keywords: research and development, video learning media, modifying embroidery patterns
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian
Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT
Rhineka Cipta
Sugiyono (2014). Metode penelitian
pendidikan. Pendekatan kuantitatif,
kualitatif, dan R&D. Bandung:
Alfabeta.
Sukardi. (2003). Metodologi Penelitian
Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara
Suwarna. (2006) Pembelajaran Micro.
Yogyakarta: Tiara Wacana
Tim Puslitjaknov. (2008). Metode Penelitian
Pengembangan. Jakarta: Pusat
Penelitian Kebijakan dan Inovasi
Pendidikan, Badan Penelitian dan
Pengembangan Departemen
Pendidikan Nasional
Wahono. (2006). Aspek dan Kriteria
Penilaian Media Pembelajaran.
Diambil pada tanggal 4 Maret 2020,
dari
https://romisatriawahono.net/2006/0
/21/aspek-dan-kriteria-penilaianmedia-
pembelajaran/
DOI: https://doi.org/10.21831/teknik%20busana.v10i1.17231
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 E-JOURNAL PENDIDIKAN TEKNIK BUSANA - S1