PELAKSANAAN PEMBELAJARAN SULAMAN SMOCK DENGAN MODEL PROJECT BASED LEARNING DI SMK N 1 KARANGANYAR THE IMPLEMENTATION OF SMOCK EMBROIDERY LEARNING WITH PROJECT BASED LEARNING IN VOCATIONAL HIGH SCHOOL 1 OF KARANGANYAR
Dra. Enny Zuhni Khayati M.Kes, , Indonesia
Abstract
Penelitian ini bertujuan mengetahui pelaksanaan pembelajaran sulaman smock Jepang dengan model project
based learning di SMK N 1 Karanganyar dan pencapaian kompetensi siswa pada pelaksanaan pembelajaran sulaman
smock Jepang dengan model project based learning di SMK N 1 Karanganyar. Penelitian ini adalah penelitian
deskriptif. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas XI Tata busana SMK N 1 Karanganyar dengan teknik
proporsive sampling diperoleh sampel yaitu siswa XI Busana 2. Pengumpulan data menggunakan lembar observasi,
angket dan dokumentasi. Uji validitas instrumen dengan menggunakan judgmet Ekspert. Reliabilitas dibuktikan
dengan rumus alpha cronbach. Analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian
adalah:(1)pelaksanaan pembelajaran pembuatan sulaman smock Jepang dengan model project based learning
terlaksana meliputi kegiatan pembuka, kegiatan inti ,dan penutup(2) angket pendapat siswa pada manfaat model
Project Based Learning pada kategori membantu siswa 51,4%, mempermudah pemahaman belajar siswa 62,8%,
memperjelas langkah praktek pembuatan sulaman smock Jepang 88,6%(3)pencapaian kompetensi siswa menunjukan
100 % tuntas KKM dengan rerata tercapai 85.15.
Kata kunci : pelaksanaan pembelajaran, project based learning, pencapaian kompetensi
This study aims is knowing the implementation of Japanese smock embroidery learning with a project-based
learning model at VHS 1 Karanganyar, Central Java and the achievement of student competencies in the
implementation of Japanese smock embroidery learning with a project based learning model at VHS 1 Karanganyar,
This research is a descriptive study. The study population was all students of class XI Fashion design of VHS 1
Karanganyar with proportional sampling technique, obtained a sample of students XI Clothing 2. Collecting data
using observation sheets, questionnaires and documentation. Test the validity of the instrument using the Expert
judgment. Reliability was proven by the alpha cronbach formula. Data analysis used descriptive statistical analysis.
The results of the study were:(1)the implementation of learning to make Japanese smock embroidery with a project
based learning model was carried out including opening activities, core activities, and closing (2)questionnaire of
student opinions on benefits Project Based Learning model in the category of helping students 51.4%, facilitating
students' understanding of learning 62.8%, clarifying the practice steps of making Japanese smock embroidery
88.6%(3) the achievement of student competencies shows that 100% completed KKM with an average of 85,15.
keywords: implementation of learning, project based learning, competency achievement
Full Text:
PDFReferences
Ana , Sunarsih dan Neni Rohaeni. (2013).
Pengembangan Tugas Akhir Melalui
Project Based Learning Model untuk
Menngkatkan Generic Green Skills Siswa
JPTK VOL 21, No 3.
Kemendikbud. (2015). Panduan Penilaian Pada
Sekolah Menengah Kejuruan. Jakarta:
Direktorat Jendral Pendidikan Dasar dan
Menengah, Direktorat Pendidikan
Menengah Kejuruan.
Kemendikbud. (2018). Panduan Penilaian Hasil
Belajar dan Pengembangan Karakter Pada
Sekolah Menengah Kejuruan. Jakarta :
Kemendikbud.
Kunandar. (2015). Penilaian Autentik Penilaian
Hasil Belajar Peserta Didik Berdaskan
Kurikulum 2013. Jakarta: Raja Grafindo
Persada.
Mulyadi, Eko. (2015). Penerapan Model Project
Based Learning untuk Meningkatkan
Kinerja dan Prestasi Belajar Siswa SMK.
JPTK VOL2, No.4
Priansa, Donni juni. (2017). Pengembangan
Strategi dan Model Pembelajaran.
Bandung : Pustaka Setia.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif,
Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
Wena, Made. (2011). Strategi Pembelajaran
Inovatif Kontemporer : Suatu Tujuan
Konseptual Operasional. Jakarta : Bumi
Aksara.
DOI: https://doi.org/10.21831/teknik%20busana.v10i1.17229
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 E-JOURNAL PENDIDIKAN TEKNIK BUSANA - S1