PENGENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PEMBUATAN POLA KEMEJA ANAK BERBASIS ADOBE FLASH UNTUK SISWA TATA BUSANA DEVELOPMENT OF MEDIA LEARNING MAKING CHILDREN'S SHIRT PATTERN -BASED ADOBE FLASH FOR STUDENTS

Shofia Rahayu Zulfa, , Indonesia
Sugiyem Sugiyem, M.Pd, , Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk; (1) menghasilkan media pembelajaran pembuatan pola kemeja anak berbasis adobe flash, (2) mengetahui tingkat kelayakan media pembelajaran membuat pola kemeja anak berbasis adobe flash untuk siswa tata busana SMK YPE Sawunggalih Kutoarjo. Penelitian ini merupakan jenis Research & Development dengan model pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan angket. Uji validitas menggunakan validitas isi dan dan uji reliabilitas instrument menggunakan rumus alpha Cronbach. Teknik analisis data dengan analisis deskriptif. Hasil penelitian ini adalah: (1) Produk media pembelajaran pembuatan pola kemeja anak berbasis adobe flash berukuran 14,8 MB dengan format file, exe. (2) Hasil validasi materi dan validasi media berdasarkan penilaian expert dinyatakan valid. Berdasarkan penilaian oleh ahli materi mendapatkan presentase sebesar 86,9 %, ahli media mendapatkan presentase sebesar 91,1% termasuk dalam kategori “sangat layak” dan hasil penilaian oleh siswa mendapatkan presentase sebesar 80,6% termasuk dalam kategori “layak”. Hal ini menunjukkan bahwa media pembelajaran pembuatan pola kemeja anak berbasis adobe flash dikatakan layak digunakan sebagai media pembelajaran.
Kata kunci: pengembangan, media pembelajaran, pola kemeja anak.

This research aims to; (1) produce learning media to make children's shirt patterns based on adobe flash, (2) knowing the feasibility level of learning media to make children's shirt patterns based on adobe flash for fashion design students of SMK YPE Sawunggalih Kutoarjo. This research is a Research & Development type with the ADDIE development model (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). Data collection techniques using observation, interviews, and questionnaires. The validity test used the content validity and the instrument reliability test used the Cronbach alpha formula. The data analysis technique was using descriptive analysis. The results of this study are: (1) The product of learning media for making children's shirt patterns based on Adobe Flash is 14.8 MB in size with the file format, exe. (2) The results of material validation and media validation based on expert judgment are declared valid. Based on the assessment by the material expert, the percentage was 86.9%, the media expert got a percentage of 91.1% which was included in the "very feasible" category and the results of the assessment by the students got a percentage of 80.6% which was included in the "feasible". This shows that the learning media for making children's shirt patterns based on Adobe Flash are said to be suitable for use as learning media.
Keywords: development, learning media, children's shirt patterns.

 


Full Text:

PDF

References


Astuti, T. K. (2013). Pengembangan Media

Pembelajaran Menggambar Proporsi Tubuh

Menggunakan Macromedia Flash Untuk

Siswa X Busana SMK Muhammadiyah 1

Imogiri. Skripsi.

Azhar, A. (2011). Media Pembelajaran. Jakarta:

PT Raja Grafindo Persada.

Budiastuti, E. (2016). Busana Anak. Jobsheet.

Darmawan, D. (2016). Mobile Learning sebuah aplikasi teknologi pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Darminingsih & Imban, S. (1985). Pembuatan Busana Bayi Dan Anak.Jakarta: Direktorat Jendral Pendidikan dasar dan menengah

Istiana. (2012). Pengembangan Media

Menggambar Busana Menggunakan Adobe

Flash CS4 Untuk Siswa X Busana SMK

Negeri Klaten. Skripsi.

Leacock, T. L., & Nesbit, J. C. (2007). A framework for evaluating the quality of multimedia learning resources. Journal of Educational Technology & Society, 10(2), 44-59

Mulyatiningsih, E. (2011). Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan. Bandung. Alfabeta.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian &

Pengembangan. Bandung: Alfabeta.

Warno, K. (2012). Pengembangan Media

Pembelajaran Membuat Polacelana Pria

Berbasis Adobe Flash Pada Siswa Kelas XI

Busana Butik Di Smk Negeri 2 Godean.

Skripsi.

Widyoko, E. P. (2009). Evaluasi Program Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.




DOI: https://doi.org/10.21831/teknik%20busana.v9i3.17222

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 E-JOURNAL PENDIDIKAN TEKNIK BUSANA - S1