PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PEMBUATAN POLA BUSANA WANITA MATA PELAJARAN PRAKARYA DAN KEWIRAUSAHAAN DI MAN 3 SLEMAN YOGYAKARTA LEARNING IMPLEMENTATION OF MAKING PATTERNS FOR EYE WOMEN'S CLOTHING LEARNING PRACTICE AND ENTREPRENEURSHIP IN MAN 3 SLEMAN YOGYAKARTA
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah: (1) mengetahui pelaksanaan pembuatan pola gaun di MAN 3 Sleman, (2) mengetahui hasil belajar peserta didik dalam pembuatan pola gaun di MAN 3 Sleman. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Data dikumpulkan dengan angket, dan tes unjuk kerja. Uji validitas dilakukan dengan menggunakan validitas konstruk (Construct validity). Pengujian reliabilitas dalam uji instrumen ini adalah dengan internal consistency dilakukan dengan menggunakan KR 20 (Kuder Richardson). Analisis data dilakukan dengan analisis deskriptif persentase. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Pelaksanaan pembelajaran dari aspek membuka pelajaran termasuk pada kategori sangat baik dengan persentase 82,09%. Pelaksanaan pembelajaran dari aspek inti pelajaran termasuk pada kategori baik sebesar 69,2%. Pelaksanaan pembelajaran dari aspek menutup pelajaran termasuk pada kategori cukup baik 49,37%. (2) Hasil belajar siswa materi pembuatan gaun di MAN 3 Sleman pada kategori baik ditunjukkan dengan mean 76,45. terdapat 53 siswa (85,4 %) pada kategori baik, 7 siswa (11,2 %) pada kategori cukup, dan 2 siswa (3,22 %) pada kategori kurang.
Kata kunci: pelaksanaan pembelajaran, hasil belajar.
This study aims to investigate: (1) the implementation of the learning of women’s dress pattern making at MAN 3 Sleman, and (2) students’ learning outcomes in women’s dress making at MAN 3 Sleman. This was a descriptive study. The data were collected using a questionnaire and a performance test. The instrument validity was assessed in terms of the construct validity. The instrument reliability was assessed in terms of the internal consistency using KR 20 (Kuder-Richardson). The data were analyzed by the descriptive analysis technique using percentages. The results of this study are as follows. (1) The learning implementation from the aspect of introduction is in the very good category by 82.09%. The learning implementation from the aspect of main learning activities is in the good category by 69.2%. The learning implementation from the aspect of closing is in the moderate category by 49.37%. (2) The students’ learning outcomes in dress making at MAN 3 Sleman are in the good category, indicated by a mean of 76.45. As many as 53 students (85.4%) are in the good category, 7 students (11.2%) in the moderate category, and 2 students (3.22%) in the poor category.
Keywords: learning implementation of learning, learning outcomes
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, Suharsimi. (2002). Metodologi Penelitian. Jakarta: PT. Rineka Cipta
Djatmiko, I.W. (2018). Strategi Penulisan Skripsi, Tesis, Disertasi Bidang Pendidikan. Yigyakarta: UNY Press.
DOI: https://doi.org/10.21831/teknik%20busana.v9i2.17217
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 E-JOURNAL PENDIDIKAN TEKNIK BUSANA - S1