TINGKAT PEMAHAMAN PEMBUATAN POLA BERBASIS CAD PADA MATA PELAJARAN BUSANA INDUSTRI SISWA KELAS XI TATA BUSANA SMK NEGERI 6 YOGYAKARTA
Sri Emy Yuli Suprihatin, M.Pd, , Indonesia
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk; 1) mengetahui tingkat pemahaman konsep translasi; 2) mengetahui tingkat pemahaman konsep interpretasi; 3) mengetahui tingkat pemahaman konsep ekstrapolasi, materi pembuatan pola digital berbasis CADsiswa kelas XI jurusan Tata Busana SMK Negeri 6 Yogyakarta. Penelitian menggunakna metode deskriptif kuantitatif.Populasi penelitian berjumlah 91 siswa dengan 15 siswa sampel uji skala kecil dan 76 siswa merupakan sample data skala besar. Teknik pengumpulan data menggunakan angket tes kepandaian.Jumlah butir instrumen tes adalah 45 butir.Pembuktian validitas menggunakanvaliditas konstruk dengan pencapaian r-hitung >0.300.Pembuktian reliabilitas digunakan rumus Alfa Cronbach dengan hasil sebesar 0.905. Hasil penelitian menunjukkan; 1) pemahaman tahap translasi terhadap pembuatan pola digital berbasis CAD masuk dalam kategori sedang; 2) pemahaman tahap interpretasi terhadap pembuatan pola digital berbasis CAD masukdalam kategori sedang; 3) pemahaman tahap ekstrapolasi terhadap pembuatan pola digital berbasis CAD masuk dalam kategori sedang.
Kata Kunci :CAD, pemahaman, translasi, interetasi, ekstrapolasi
LEVELS OF COMPREHENSION OF CAD-BASED PATTERN MAKING IN THE INDUSTRIAL FASHION SUBJECT AMONG GRADE XI STUDENTS OF FASHION DESIGN OF PUBLIC VHS 6 OF YOGYAKARTA
This study aims to investigate: 1) the level of comprehension of the translation concept, 2) the level of comprehension of the interpretation concept, and 3) the level of comprehension of the extrapolation concept in CAD-based digital pattern making among Grade XI students of the Fashion Design Department of Public VHS 6 of Yogyakarta. The study on the levels of comprehension employed the quantitative descriptive research method. The research population comprised Grade XI students of Fashion Design of Public VHS 6 of Yogyakarta with a total of 91 students with a sample of 15 students for the small-scale tryout and 76 students for the large-scale tryout. The data were collected using an online questionnaire and a cognitive test. The test consisted of 45 true-false items. The research instrument validity was assessed in terms of the construct validity with robserved > 0.300. The reliability was assessed by Cronbach’s Alpha formula with a coefficient of 0.905 showing that the instrument was reliable. The results of the study are as follows. 1) The comprehension of the translation stage in CAD-based digital pattern making is in the medium category. 2) The comprehension of the interpretation stage in CAD-based digital pattern making is in the medium category. 3) The comprehension of the extrapolation stage in CAD-based digital pattern making is in the medium category.
Keywords: CAD, comprehension, translation, interpretation, extrapolation
Full Text:
PDFReferences
Susanto, Ahmad. (2013) .Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar . Jakarta. PT Kharisma Putra Utama
Bloom, Benjamin. S. (1979).Taxonomy Of Educational Objective The Classification Of Educational Goals Handbook I Cognitive Domain. London: DAVID McKAY COMPANY.
Sudjana, Nana. (2016). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Suprihatin, Sri Emy Yuli, Msi. Dkk. (2016).Menguasai Software CAD Pattern Making untuk Meraih Sukses di Industri Fashion Global Abad 21, Kementerian pendidikan dan kebudayaan Direktorat jenderal pendidikan dasar dan menengah Direktorat pembinaan sekolah menengah kejuruan
Sutetyo, B. (2015). Prosedur penyusunan dan analisis tes untuk penilaian hasil belajar bidang kognitif. Bandung. PT Refika Aditama
Widihastuti.(2015). Merchandising di Industri Garment.Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta, tidak diterbitkan.
Kemnaker. (2015). Keputusan Mentri Ketenagakerjaan Republik Indonesia Nomor 305 tahun 2015 tentang penetapan Standar Kompetensi Nasional Indonesia kategori industri pengolahan golongan pokok industri pakaian jadi bidang produksi pakaian masal
DOI: https://doi.org/10.21831/teknik%20busana.v9i1.17194
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 E-JOURNAL PENDIDIKAN TEKNIK BUSANA - S1