PENGEMBANGAN MEDIA CHART TIGA DIMENSI PEMBUATAN FRAGMEN BELAHAN DUA LAJUR DASAR TEKNOLOGI MENJAHIT SMK DIPONEGORO
Sri Emy Yuli Suprihatin, M. Si, , Indonesia
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengembangkan media pembelajaran chart tiga dimensi pembuatan fragmen belahan dua lajur tidak sama lebar, (2) mengetahui kelayakan media chart tiga dimensi. Jenis penelitian yang di gunakan adalah Research and Development dengan model pengembangan Borg & Gall yang disederhanakan oleh Tim Puslitjaknov. Tahapan dalam penelitian ini meliputi: (1) analisis kebutuhan, (2) pengembangan produk, (3) validasi ahli dan revisi, (4) uji coba lapangan skala kecil, (5) uji coba lapangan skala besar dan produk akhir. Instrumen penelitian berupa angket dengan validitas konstruk dan pengujian reliabilitas Koefisien Alfa Croncach. Alat pengumpulan data menggunakan angket dengan skala Guttman untuk para ahli dan skala Likert untuk peserta didik. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif. Hasil penelitian ini adalah; (1) menghasilkan produk media chart tiga dimensi pembuatan fragmen belahan dua lajur tidak sama lebar; (2) media pembelajaran chart tiga dimensi layak dibuktikan: (a) Ahli media dan ahli materi menyatakan bahwa media chart tiga dimensi berada dalam kategori layak ditunjukkan dari skor keseluruhan responden dengan skor 15 point, (b) hasil uji coba skala kecil dengan skor total 120 dan presentase 65% berada dalam kategori layak, (c) uji coba skala besar dengan skor total 520 dan presentase 70% berada dalam kategori layak.
Kata Kunci : Pengembangan, Media Chart Tiga Dimensi, Belahan Dua Lajur
This study aimed to: (1) develop three-dimensional chart learning media for the making of asymmetric two-line split fragments, (2) determine the feasibility of a three-dimensional media chart. This type of research was Research and Development study using Borg and Gall’s development model simplified by a team at the Center for Policy and Innovation Studies. The research stages included: (1) needs analysis, (2) product development, (3) expert validation and revision, (4) a small-scale field tryout, and (5) a large-scale field tryout and final product. The reasearch intrument was a questionnaire which was assessed in terms of its contruct validity ant its reliability using Cronbach’s Alpha Coefficient. The data collection instruments were a Guttman-scale questionnaire for the experts and a Likert-scale questionnaire for the students. The data were analyzed using descriptive statistics.The results of study were as follows. (1) The product was three-dimensional chart media for the making of asymmetric two-line split fragments, (2) Three-dimensional learning chart media is feasible: (a) The materials expert and media expert stated that was three-dimensional chart media is with score 15, (b) result in small scale shows total score of 120 and 65% of feasibility, (c) testing larger scale with total score 520 and 70% of feasibility.
Keywords: Development, Three-Dimensional Chart Media, Two-Line Split
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian
Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta:
PT. Rineka Cipta.
Daryanto. (2016). Media Pembelajaran.
Yogyakarta: Gava Media
Dwijanti. (2013). Dasar Teknologi Menjahit II. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Ernawati. (2008). Tata Busana Jilid I. Jakarta:
Direktorat Pendidikan Sekolah.
Hamalik, O. (1989). Media Pendidikan.
Bandung: Citra Aditya Bakti.
Hamalik, O. (2011). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Rusman. (2011).Model-model Pembelajaran
Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Wibowo. (2007). Manajemen Kinerja.
Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Widihastuti. (2007). Pencapaian Standar
Kompetensi Siswa SMK Negeri Program Keahlian Tata Busana di Kota Yogyakarta dalam Pembelajaran dengan KBK. Yogyakarta: Jurnal Pendidikan Teknologi Kejuruan. (Vol.16 No.2) Hlm. 236. Yogyakarta: UNY.
Sadiman, Arief S. (2011). Media Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.
Sanjaya, W. (2011). Strategi Pembelajaran
Berorientasi Standar Proses Pendidikan.
Jakarta: Kencana.
Zaini, Muhammad. (2009). Pengembangan
Kurikulum Konsep Implementasi Evaluasi dan Inovasi. Yogyakarta: Teras
DOI: https://doi.org/10.21831/teknik%20busana.v8i7.17102
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 E-JOURNAL PENDIDIKAN TEKNIK BUSANA - S1