SIKAP WIRAUSAHA SISWA KELAS XI JURUSAN TATA BUSANA DI SMK N 3 KLATEN ATTITUDE OF BUSINESS STUDENTS IN CLASS XI DEPARTMENT OF MODE AT KLATEN 3 N VOCATIONAL SCHOOL

Ferdian Eka Purnomo Putra, , Indonesia
Sri Wening, M.Pd, , Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) sikap wirausaha siswa kelas XI Jurusan Tata Busana di
SMK N 3 Klaten, dan (2) sikap wirausaha siswa kelas XI Jurusan Tata Busana di SMK N 3 Klaten ditinjau dari
adanya rasa percaya diri, berorientasi tugas dan hasil, berani mengambil risiko, berjiwa kepemimpinan,
keorisinilan, dan berorientasi ke masa depan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan
kuantitatif. Teknik pengambilan sampel menggunakan proporsional random sampling. Sampel adalah siswa kelas
XI Jurusan Tata Busana di SMK N 3 Klaten sebanyak 118 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket.
Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Sikap wirausaha
siswa kelas XI Jurusan Tata Busana di SMK N 3 Klaten mayoritas berada pada kategori baik sebanyak 109 siswa
(92,37%); dan (2) Sikap wirausaha siswa kelas XI Jurusan Tata Busana di SMK N 3 Klaten ditinjau dari indikator
percaya diri berada pada kategori baik (76,27%), ditinjau dari indikator berorientasi tugas dan hasil berada pada
kategori baik (82,20%), ditinjau dari indikator pengambilan resiko berada pada kategori baik (82,20%), ditinjau
dari indikator kepemimpinan berada pada kategori baik (83,90%), ditinjau dari indikator keorisinilan berada pada
kategori baik (88,14%), dan ditinjau dari indikator berorientasi ke masa depan berada pada kategori baik (66,95%).
Kata kunci: sikap wirausaha, tata busana

 

This study aims to find out (1) the attitude of entrepreneurship of class XI students of the Fashion
Department at Klaten N 3 Vocational School, and (2) the attitude of entrepreneurship in class XI of the Fashion
Department at SMK N 3 Klaten in terms of self-confidence, task-oriented and results, dare to take risks, have the
spirit of leadership, originality, and are oriented towards the future. This research is a descriptive study with a
quantitative approach. The sampling technique uses proportional random sampling technique. The sample in this
study were 118 students in Klaten N 3 Vocational High School. The method of data collection uses a questionnaire.
The data analysis technique uses descriptive analysis. The results of the study show that (1) The attitude of
entrepreneurship in class XI students of the Fashion Department at Klaten N 3 Vocational School is in the good
category (92.37%); and (2) Entrepreneurship attitudes of class XI students in the Fashion Department at Klaten N
3 Vocational School in terms of self-confidence indicators are in the good category (76.27%), viewed from taskoriented
indicators and 97 students in good (82.20%), in terms of indicators of risk taking in the good category
(82.20%), in terms of leadership indicators in the good category (83.90%), in terms of indicators of authenticity
are at good categories (88.14%), and in terms of future-oriented indicators in the good category (66.95%).
Keywords: attitude to entrepreneurship, fashion

 


Full Text:

PDF

References


Ajzen, I. (2008). Attitudes and Attitude

Change. Psychology Press: WD Crano eds.

Azwar, Saifuddin. (2012). Sikap Manusia: Teori dan

Pengukurannya. Yogyakarta: Liberty.

Kemendiknas. (2010). Pengembangan Pendidikan

Budaya dan Karakter Bangsa. Jakarta:

Kementrian Pendidikan Nasional.

Kuratko, D.F. & Hodgetts, R.M.

(2007). Entrepreneurship: Theory, Process,

Practice (7th ed). Canada: Interactive

Composition Corporation. diakses pada 15 Juli

, pukul 9:40 WIB.

Soemanto, Wasty. (2006). Psikologi Pendidikan

Landasan Kerja Pemimpin Pendidikan. Jakarta:

Rineka Cipta.

Suryana. (2014). Kewirausahaan. Jakarta: Salemba

Empat.

Zimmerer, Thomas W Dkk. (2008). Kewirausahaan

Dan Manajemen Usaha Kecil. Jakarta: Salemba

Empat.




DOI: https://doi.org/10.21831/teknik%20busana.v8i5.17083

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 E-JOURNAL PENDIDIKAN TEKNIK BUSANA - S1