ENCAPAIAN HASIL BELAJAR KOMPETENSI KETERAMPILAN MEMBUAT ROK PADA SISWA KELAS XI TATA BUSANA DI SMK KARYA RINI YHI KOWANI YOGYAKARTA
Dr. Sri Wening, M.Pd, , Indonesia
Abstract
Penelitian ini memiliki tujuan untuk : 1)Mendeskripsikan pencapaian hasil belajar
kompetensi keterampilan membuat rok pada siswa kelas XI SMK Karya Rini YHI Kowani; 2)
Mendeskripsikan pencapaian hasil belajar kompetensi keterampilan membuat rok pada siswa kelas
XI SMK Karya Rini YHI Kowani ditinjau dari aspek persiapan, proses dan hasil. Penelitian ini
merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Subyek penelitian adalah 35 siswa atau seluruh siswa
kelas XI SMK Karya Rini YHI Kowani. Teknik pengumpulan data dengan melakukan observasi
terhadap hasil belajar kinerja siswa menggunakan lembar unjuk kerja. Teknik analisis data adalah
statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan: 1) pencapaian hasil belajar kompetensi
keterampilan membuat rok pada siswa kelas XI SMK Karya Rini YHI Kowani terdapat 14,3% atau
5 siswa yang kompeten, terdapat 85,3% atau 30 siswa yang tidak kompeten 2) pencapaian hasil
belajar kompetensi keterampilan membuat rok pada siswa kelas XI SMK Karya Rini YHI Kowani
ditinjau dari tiga aspek sebagai berikut : pada aspek persiapan terdapat 40% yang tidak
kompeten;pada aspek proses terdapat 63% yang tidak kompeten;pada aspek hasil terdapat 93% yang
tidak kompeten.
Kata kunci: pencapaian hasil belajar, membuat rok, SMK
This study aims to: 1) Describe the achievement of learning outcomes in competency skills of
making skirt of class XI students in Karya Rini YHI Kowani Vocational School; 2) Describe the
achievement of learning outcomes in competency skills of making skirts of class XI students in Karya
Rini YHI Kowani Vocational School in terms of preparation, process, and results. This study is a
descriptive quantitative approach; the subjects of the study include 35 student or all students in class
XI of Karya Rini YHI Kowani Vocational School. The technique used to collect the data is the technique
of test analysis. The data analysis technique used is descriptive statistics. The results showed that: 1)
the achievement of learning outcomes in competency skills of making skirt of class XI students in Karya
Rini YHI Kowani Vocational School, there were 14.3% or as many as 5 students who achieved ideal or
competent learning outcomes, there were 85.3% or 30 students who achieved learning outcomes that
are not ideal or incompetent 2) the achievement of learning outcomes in competency skills of making
skirt of class XI students in Karya Rini YHI Kowani Vocational School is reviewed from the following
three aspects: on the preparation aspect there were 40% who achieved learning outcomes that are not
ideal or incompetent, on the process aspect there were 63% who achieved learning outcomes that are
not ideal or incompetent on the result aspect there were 93% who achieved learning outcomes that are
not ideal or incompetent
Keywords: achievements of learning outcomes, making skirt, vocational school
Full Text:
PDFReferences
Djemari Mardapi. (2008). Teknik
penyusunan instrument Tes dan Non Tes.
Yogyakarta :
Widihastuti. (2007). Pencapaian Standar
Kompetensi Siswa Smk Negeri Program
Keahlian Tata Busana Di Kota
Yogyakarta Dalam Pembelajaran
Dengan Kbk. Journal of Technology
Vocational Education FT UNY, 16, 230250.
Emy Budiastuti, dkk. (2014).
Pengembangan Instrumen Self
Assesment Pada Praktik Menjahit Rok
Berfuring. Jurnal Pendidikan Teknologi
Kejuruan. Yogyakarta : FT UNY
Ernawati, dkk. (2008). Tata Busana
untuk Jilid 1. Jakarta: Direktorat
Pembinaan Sekolah Menengah
Kejuruan, Direktorat Jenderal
Manajemen Pendidikan Dasar dan
Menengah, Departemen Pendidikan
Nasional.
Goet Poespo, (2002), Panduan Teknik
Menjahit, Yogyakarta: Kanisius.
Hidayat, S. (2013). Pengembangan
Kurikulum Baru. Bandung: PT Remaja
Rosdakarya Offset.
Nana Sudjana. 2009. Penilaian Hasil
Proses Belajar mengajar. Bandung: PT
Remaja Rosdakarya.
Putrohari. (2009). Pengukuran
Pencapaian Kompetensi.
Wancik. (1997). Bina Busana Pelajaran
Menjahit Pakaian Wanita Buku
Jakarta: PT Gramedia.
DOI: https://doi.org/10.21831/teknik%20busana.v8i2.15293
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 E-JOURNAL PENDIDIKAN TEKNIK BUSANA - S1