PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMBUATAN POLA BADAN SISTEM SOEN SISWA KELAS X BUSANA 2 SMK NEGERI 2 GODEAN
Sri Widarwati, M.Pd, , Indonesia
Abstract
Penelitian ini bertujuan: 1) menerapkan model pembelajaran PjBL pada pembuatan pola sistem Soen
di kelas X Busana 2 SMK Negeri 2 Godean; 2) meningkatkan kemampuan unjuk kerja pada
pembuatan pola sistem Soen dengan menerapkan model pembelajaran PjBL di kelas X Busana 2 SMK
Negeri 2 Godean. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK), dilakukan dalam 2 siklus.
Tahapan siklus meliputi tahap perencanaan, tindakan dan observasi, serta refleksi. Subjek penelitian
ini adalah 32 siswa kelas X Busana 2 SMK Negeri 2 Godean tahun ajaran 2017/2018. Hasil penelitian
menunjukkan: 1) Pelaksanaan model pembelajaran PjBL pada pembuatan pola sistem Soen telah
dilaksanakan dengan langkah-langkah sesuai sintak PjBL dengan Kurikulum 2013; 2) kemampuan
unjuk kerja pembuatan pola sistem Soen dengan menerapkan model pembelajaran PjBL mengalami
peningkatan setiap siklusnya. Hal ini membuktikan model pembelajaran PjBL dapat meningkatkan
kemampuan unjuk kerja pembuatan pola sistem Soen kelas X Busana 2 SMK N 2 Godean.
Kata kunci : Project Based Learning, kemampuan unjuk kerja, pola Soen, Siswa, SMK
The objective of this study are to 1) apply the PjBL to improve the competence of Soen Pattern Making
System for Grade X students of Fashion Design Program 2nd Class of Public Vocational High School
2 Godean; and 2) prove that the Project Based Learning was capable in improving the competence of
Soen Pattern Making System for Grade X students of Fashion Design Program 2nd Class of Public
Vocational High School 2 Godean. This was a classroom action research (CAR) study using Kemmis
and McTaggart’s spiral carried out in 2 cycles. The stages in each cycle included planni ng, action &
observation, and reflection. The research subject were Grade X students of Fashion Design Program
2nd Class of Public Vocational High School 2 Godean, with total of 32 students in the 2017/2018
academic year. The results of this study were as follow: 1) Implementation of Project-Based Learning
in the material of Soen Making Pattern System; 2) the ability improvement by applying Soen Pattern
Making System was shown by the increase of the assessment scores of student competence to 100%.
This proves that the Project-Based Learning can improve the competence of Soen Making Pattern
System of Grade X students of Fashion Design Program 2nd Class of Public Vocational High School
2 Godean.
Keywords: Project Based Learning, performance capabilities, Soen, Vocational Schools
Full Text:
PDFReferences
Akbar, Sa. (2013). Instrumen Perangkat
Pembelajaran. Bandung : PT. Remaja
Rosdakarya
Ana, S dan Neni R. (2013). Pengembangan
Tugas Akhir Melalui Project Based
Learning Model Untuk Meningkatkan
Generic Green Skills Siswa. Jurnal
Pendidikan Teknologi Kejuruan Volume
No. 3.
Ernawati. (2008). Tata Busana jilid 2, Jakarta:
Direktorat Pembinaan Sekolah
Menengah Kejuruan Direktorat Jenderal
Manajemen Pendidikan Dasar dan
Menengah Departemen Pendidikan
Nasional.
Grinnel, Jr. dan Richart, M. (1998). Social
Work Research and Evaluating. Third
Penerapan Model Pembelajaran…(Ratih Noviani) 11
Hamzah & Satria Koni. (2016). Assassment
Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Manap, A. (2009). Implementasi Penilaian
Pembelajaran Pada SMK Jurusan
Bangunan di Daerah Istimewa
Yogyakarta. Jurnal Pendidikan
Teknologi Kejuruan Volume 18, No 2.
Mulyadi, E. (2015). Penerapan Model Project
Based Learning Untuk Meningkatan
Kinerja Dan Prestasi Belajar Fisika
Siswa SMK. Jurnal Pendidikan Teknik
Kejuruan Volume 22, No 4.
Ngalimun. (2013). Strategi dan Model
Pembelajaran. Yogyakarta: Aswaj
Pressindo Anggota IKAPI.
Trianto. (2014). Mendesain Model
Pembelajaran Inovatif, Progresif, dan
Kontekstual. Jakarta: Prenadamedia
Group.
Wening, Sri. 2010. Evaluasi Belajar Yogyakarta: FT UNY Yogyakarta.
DOI: https://doi.org/10.21831/teknik%20busana.v8i2.15292
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 E-JOURNAL PENDIDIKAN TEKNIK BUSANA - S1