HUBUNGAN KETERAMPILAN MENGGAMBAR DESAIN BUSANA DENGAN MINAT MENJADI DESAINER SISWA KELAS XII SMK NEGERI 1 SEWON
Triyanto, M.A Triyanto, M.A, , Indonesia
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara keterampilan menggambar desain busana
dengan minat menjadi desainer pada siswa kelas XII di SMK Negeri 1 Sewon. Jenis penelitian ini
merupakan penelitian kuantitatif dengan metode Penentuan sampel dalam penelitian ini menggunakan
proportionate random sampling dan ditemukan sampel sebesar 89 siswa. Penelitian ini menggunakan
metode pengumpulan data angket dan tes unjuk kerja. Validitas instrumen mengganakan validitas isi
dan validitas konstruk. Reliabilitas instrumen menggunakan rumus Alpha Croncbach dan
mendapatkan hasil instrumen angket 0,946 dan tes unjuk kerja 0,875. Analisis data menggunakan
analisis deskriptif, prasyarat analisis, dan uji hipotesis menggunakan analisis korelasi Product
Moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) keterampilan menggambar desain siswa diperoleh
skor tertinggi 39,00 dan skor terendah 24,00; harga Mean sebesar 34,4831 masuk dalam kategori
“tinggi”, (2) minat menjadi desainer siswa diperoleh skor tertinggi 115,00 dan skor terendah 69,00 ;
harga Mean sebesar 99,0112 masuk dalam kategori “sangat tinggi”, (3) ada hubungan keterampilan
menggambar desain busana dengan minat menjadi desainer pada siswa kelas XII di SMK Negeri 1
Sewon, berdasarkan hasil uji hipotesis yang menunjukkan bahwa nilai r
hitung
lebih besar dari r
(0,800 > 0,207) dan nilai signifikansi sebesar 0,000; yang berarti kurang dari 0,05 atau (0,007 < 0,05).
Kata kunci: keterampilan menggambar, minat, desain busana, desainer
This study aims to find outthe relationship between their fashion design drawing skill and their
interest in being designers. This was a quantitative study using a correlation method The research
sample was selected using the proportionate random sampling technique and the sample consisted of
89 students. The study employed a questionnaire and a performance test as data collection techniques.
The instrument validity was assessed in terms of the content validity and construct validity. The
instrument reliability was assessed by Cronbach’s Alpha formula, yielding a coefficient of 0,946 for
the questionnaire and 0,875 for the performance test. The data were analyzed using descriptive
analysis, analysis prerequisites, and hypothesis testing used the product moment correlation analysis.
The results of the study are as follows. (1) The students’ fashion design drawing skill is indicated by
the highest score of 39.00 and the lowest score of 24.00 and the mean of 34.4831, which is in the high
category. (2) Their interest in being designers is indicated by the highest score of 115.00 and the
lowest score of 69.00 and the mean of 99.0112, which is in the very high category. (3) There is a
relationship between the fashion design drawing skill and the interest in being designers among Grade
XII students of SMK Negeri 1 Sewon, based on the hypothesis testing results indicating r
(0,800 > 0.201) and a significance value of 0.000, which is less than 0.05 or (0.000 < 0.05).
Keywords: drawing skill, interest, fashion design, designers
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian: Suatu
Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka
Cipta.
Depdiknas. (2003). Undang-undang RI No.20
tahun 2003. tentang sistem pendidikan
nasional.
Slameto. (2010). Belajar dan Faktor- Faktor
yang mempengaruhinya. Jakarta: PT
Rineka Cipta.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian
Pendidikan Pendekatan Kuantitatif,
Kualitatif, dan R&D. Bandung:
Alfabeta.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian
Pendidikan. Bandung: CV. Alfabeta.
Sukadiyanto. (2005). Pengantar Teori Dan
Melatih Fisik. Yogyakarta: FIK
Universitas Negeri Yogyakarta.
Widarwati, Sri. (1996). Desain Busana II.
Yogyakarta: IKIP Yogyakarta.
Widarwati, Sri. (2000). Desain Busana I.
Yogyakarta: FPTK IKIP Yogyakarta.
DOI: https://doi.org/10.21831/teknik%20busana.v8i2.15291
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 E-JOURNAL PENDIDIKAN TEKNIK BUSANA - S1