KETERAMPILAN MEMASANG LINING PEMBUATAN BUSANA CUSTOM-MADE SISWA KELAS XI TATA BUSANA SMK NEGERI 4 YOGYAKARTA

Trisna Oktanti, , Indonesia
Dr. Widihastuti, M.Pd Dr. Widihastuti, M.Pd, , Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterampilan memasang lining pembuatan busana
custom-made siswa kelas XI Tata Busana SMK Negeri 4 Yogyakarta yang dilihat dari aspek persiapan,
proses, hasil, dan penggunaan waktu. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Teknik
pengumpulan data menggunakan penilaian unjuk kerja. Validitas instrumen menggunakan validitas isi
berdasar judgement expert dan analisis reliabilitas berdasar inter-rater. Analisis data menggunakan
teknik analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan memasang lining
Pembuatan Busana Custom-Made siswa kelas XI Tata Busana SMK Negeri 4 Yogyakarta kompeten
dengan persentase 83,3%. Rata-rata nilai kelas sebesar 81,3. Hasil penilaian ditinjau dari aspek: (1)
persiapan diperoleh hasil rata-rata 84,2 dengan persentase 100% siswa kompeten, (2) proses diperoleh
hasil rata-rata 86 dengan persentase 96,7% siswa kompeten dan 3,3% siswa tidak kompeten, (3) hasil
diperoleh rata-rata 77,2 dengan persentase 90% siswa kompeten dan 10% siswa tidak kompeten, serta (4)
penggunaan waktu diperoleh hasil rata-rata 78 dengan persentase 96,7% siswa kompeten dan 3,3% siswa
tidak kompeten.

Kata Kunci : Keterampilan Memasang Lining, Pembuatan Busana Custom-Made, SMK

 

This study aims to describe the lining pinning skill in making custom-made clothing among Grade XI
students of Fashion Design at SMK Negeri 4 Yogyakarta in terms of the aspects of preparation, process,
product, and use of time. The study used the descriptive quantitative method. The data collection
technique was the performance assessment. The instrument validity was assessed in terms of the content
validity based on expert judgment and the reliability was assessed using the inter-rater technique. The
data were analyzed using the quantitative descriptive analysis technique. The results of the study indicate
that in relation to the skill of Grade XI students in pinning linings in Making Custom-Made Clothing at
SMK Negeri 4 Yogyakarta. they are in the competent category by 83.3%. The class mean score is 81.3.
Regarding the results of the assessment of the lining pinning skill in terms of the aspects of: (1)
preparation. the mean score is 84.2 with 100% of the students in the competent category; (2) process. the
mean score is 86 with 96.7% of the students in the competent category and 3.3% in the incompetent
category; (3) product. the mean score is 77.2 with 90% of the students in the competent category and
10% in the incompetent category. and (4) use of time. the mean score is 78 with 96.7% of the students in
the competent category and 3.3% in the incompetent category.

Keywords: Lining Pinning Skill, Making Custom-Made Clothing, SMK


Full Text:

PDF

References


Budiastuti, E., et al. (2013). Pengembangan

Penilaian Diri (Self Assessment)

pada Praktek Menjahit Rok

Berfuring Prodi PT. Busana

Keterampilan Memasang Lining ... (Trisna Oktanti) 11

Fakultas Teknik UNY. Universitas

Negeri Yogyakarta. Yogyakarta.

Dwijanti. (2013). Dasar Teknologi Menjahit

II. Kementrian Pendidikan dan

Kebudayaan.

Ernawati, et al. (2008). Tata Busana Jilid 1.

Jakarta: Departemen Pendidikan

Nasional.

Ernawati, et al. (2008). Tata Busana Jilid 3.

Jakarta: Departemen Pendidikan

Nasional.

Poespo, G. (2005). Panduan Teknik

Menjahit. Yogyakarta: Kanisius.

Poespo, G. (2005). Pemilihan Bahan

Tekstil. Yogyakarta: Kanisius.

Poespo, G. (2009). Tailoring Membuat

Blazer dalam 1 Hari. Yogyakarta:

Kanisius.

Soekarno & Lingga, R. (2018). Buku

Penuntun Pembuatan Busana Sistem

Tailoring & Custom-Made Tingkat

Dasar. Jakarta: Gramedia Pustaka

Utama

Wancik, M.H. (1996). Bina Busana:

Pelajaran Menjahit Pakaian Wanita

Buku II. Jakarta: PT Gramedia

Pustaka Utama.

Widihastuti. (2007). Pencapaian Standar

Kompetensi Siswa SMK Negeri

Program Keahlian Tata Busana di

Kota Yogyakarta dalam

Pembelajaran dengan KBK, 16, 230




DOI: https://doi.org/10.21831/teknik%20busana.v8i2.15287

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 E-JOURNAL PENDIDIKAN TEKNIK BUSANA - S1