IMPLEMENTASI SOFT SKILLS PADA PEMBUATAN ROK COSTUME-MADE DI SMK NEGERI 4 YOGYAKARTA
Dr. Emy Budiastuti, M.Pd, , Indonesia
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk : 1)mengetahui soft skills yang dapat menunjang proses pembelajaran pembuatan rok costume-made di SMK Negeri 4 Yogyakarta, dan 2)mengetahui implementasi soft skills siswa kelas XII Busana 4 pada pembuatan rok costume-made di SMK Negeri 4 Yogyakarta. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian adalah deskriptif. Penelitian dilakukan di SMK Negeri 4 Yogyakarta, dengan populasi adalah siswa kelas XII Jurusan Tata Busana yang berjumlah 117 dan sampel yang digunakan adalah siswa kelas XII Busana 4 yang berjumlah 23 siswa. Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket dan lembar observasi.
Validitas instrument menggunakan validitas logis dan validitas empiris. Validitas logis menggunakan pendapat dari judgement expert. Yang menghasilkan beberapa perubahan pada instrumen. Reliabilitas
instrument angket menggunakan pendapat ahli yang menyatakan bahwa instrument reliable dengan interpretasi sangat tinggi. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian diketahui 1) soft skills yang dapat menunjang proses pembelajaran pembuatan rok
costume-made di SMK Negeri 4 Yogyakarta adalah (1)kemampuan komunikasi dan (2) kerjasama yang termasuk dalam interpersonal skills dan
(3) sikap teliti, (4) tanggungjawab, (5) disiplin, (6) kreativitas, (7) kemandirian, dan (8) sikap professional termasuk dalam intrapersonal skills dan 2) implementasi soft skills siswa kelas XII Busana 4 pada pembuatan rok costume made diketahui hasil yaitu terdapat 15 siswa (65.3%) menerapkan soft skills pada pembuatan rok dengan baik, dan 8 siswa (34.78%) menerapkan soft skills pada pembuatan rok dengan tidak baik.
Kata Kunci : Implementasi soft skills, rok costume-made, SMK
This study aims to find out: 1) the soft skills that can support the learning process in the costume-made skirt making at SMK Negeri 4 Yogyakarta, and 2) the implementation of the soft skills of the students of Grade XII of Fashion Design 4 at SMK Negeri 4 Yogyakarta. The study used the quantitative approach and it was a descriptive study. It was conducted at SMK Negeri 4 Yogyakarta, involving a population comprising 117 students of Grade XII of Fashion Design Department and a sample consisting of 23 students from Grade XII of Fashion Design 4. The research instruments were questionnaires and observation sheets. The instrument validity was assessed in terms of the logical and empirical validity. The logical validity was assessed through expert judgment, resulting in some modifications in the instruments. The questionnaire reliability was assessed through expert judgment stating that that the instruments were highly reliable. The data analysis technique was the quantitative descriptive analysis technique.
The results of the study are as follows. 1) The soft skills that can support the learning process in the costume-made skirt making at SMK Negeri 4 Yogyakarta are: (1) communication skill and (2) collaboration belonging to interpersonal skills and (3) carefulness, (4) responsibility, (5) discipline, (6)
creativity, (7) autonomy, and (8) professional attitude belonging to intrapersonal skills. 2) The implementation of the soft skills among the students of Grade XII of Fashion Design 4 in the costumemade skirt making shows that 15 students (65.3%) implement the soft skills in the skirt making well and 8 students (34.78%) implement the soft skills in the skirt making poorly.
Keywords: Soft skills’s implementation, costume-made skirt, SMK
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, Suharsimi.
(2013)
. Prosedur
Penelitian Suatu Pendekatan Praktik.
Jakarta: Rineka Cipta
Elfindri, Et Al. 2011. Soft skills Untuk Pendidik.
Jakarta: Baduose Media
Dan Menengah Depdiknas
Hari Nugroho, Djoko.
(2009)
. Integrasi Soft
skills Pada Kurikulum Prodi Elektronika
Instrumentasi Sttn Untuk Persiapan Sdm
Pltn. Jurnal : STTN-BATAN
Ivancevich, John M., Konopaske, Robert.,
Matteson, Michael T. 2007. Perilaku Dan
Manajemen Organisasi Jilid 2.
Muhaimin Dkk. 2008. Pengembangan Model
Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan
(Ktsp)
Pada Sekolah Dan Madrasah.
Jakarta: Pt Rajagrafindo Persada.
Parwati,Dwi. dkk.
(
. Teknik Memotong.
Direktorat Pembinaan Smk Dirjen
Manajemen Pendidikan Dasar Dan
Menengah Depdiknas
Pratiwi, Djati
(
. Pola Dasar Dan Pecah
Pola Busana: Yogyakarta: Kanisius
Rich, Dorothy. (2008)
. Sukses untuk Anak-anak
Sekolah Menengah Menjaga Tetap
dalam Jalur: Pembelajar yang Disiplin.
Jakarta: PT. Indeks.
Safaria, T. (2005)
. Interpersonal Itelligence.
Yogyakarta: Amara Books.
Sarwono, Sarlito W., Meinarno,Eko A., Dkk.
Psikologi Sosial. Jakarta: Salemba
Humanika.
Shochib, Moh. 2000. Pola Asuh Orang Tua
Dalam Membantu Anak
Mengembangkan Disiplin Diri. Jakarta:
Rineka Cipta.
Sugiyono,
(2015)
. Statistika Untuk Penelitian.
Bandung: Alfabeta
Suryawati.
(2011)
. Membuat Pola. Bandung :
PT Remaja Rosdakarya
Syah, Darwyn.
(2007)
.Perencanaan Sistem
Pengajaran Pendidikan Islam. Jakarta :
Gaung Persada Press
Ubaedy, An. 2008. Berkarier di Era Global.
Jakarta: Gramedia.
Wancik, Muhammad Hamzah.
(1996)
. Bina
Busana Pelajaran Menjahit Pakaian
Wanita Buku II. Jakarta: Gramedia
DOI: https://doi.org/10.21831/teknik%20busana.v8i2.15282
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 E-JOURNAL PENDIDIKAN TEKNIK BUSANA - S1