IMPLEMENTASI SOFT SKILLS PADA PEMBUATAN ROK COSTUME-MADE DI SMK NEGERI 4 YOGYAKARTA

Nuranisa Nuranisa, , Indonesia
Dr. Emy Budiastuti, M.Pd, , Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk : 1)mengetahui soft skills yang dapat menunjang proses pembelajaran pembuatan rok costume-made di SMK Negeri 4 Yogyakarta, dan 2)mengetahui implementasi soft skills siswa kelas XII Busana 4 pada pembuatan rok costume-made di SMK Negeri 4 Yogyakarta. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian adalah deskriptif. Penelitian dilakukan di SMK Negeri 4 Yogyakarta, dengan populasi adalah siswa kelas XII Jurusan Tata Busana yang berjumlah 117 dan sampel yang digunakan adalah siswa kelas XII Busana 4 yang berjumlah 23 siswa. Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket dan lembar observasi.
Validitas instrument menggunakan validitas logis dan validitas empiris. Validitas logis menggunakan pendapat dari judgement expert. Yang menghasilkan beberapa perubahan pada instrumen. Reliabilitas
instrument angket menggunakan pendapat ahli yang menyatakan bahwa instrument reliable dengan interpretasi sangat tinggi. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian diketahui 1) soft skills yang dapat menunjang proses pembelajaran pembuatan rok
costume-made di SMK Negeri 4 Yogyakarta adalah (1)kemampuan komunikasi dan (2) kerjasama yang termasuk dalam interpersonal skills dan
(3) sikap teliti, (4) tanggungjawab, (5) disiplin, (6) kreativitas, (7) kemandirian, dan (8) sikap professional termasuk dalam intrapersonal skills dan 2) implementasi soft skills siswa kelas XII Busana 4 pada pembuatan rok costume made diketahui hasil yaitu terdapat 15 siswa (65.3%) menerapkan soft skills pada pembuatan rok dengan baik, dan 8 siswa (34.78%) menerapkan soft skills pada pembuatan rok dengan tidak baik.

Kata Kunci : Implementasi soft skills, rok costume-made, SMK

 

This study aims to find out: 1) the soft skills that can support the learning process in the costume-made skirt making at SMK Negeri 4 Yogyakarta, and 2) the implementation of the soft skills of the students of Grade XII of Fashion Design 4 at SMK Negeri 4 Yogyakarta. The study used the quantitative approach and it was a descriptive study. It was conducted at SMK Negeri 4 Yogyakarta, involving a population comprising 117 students of Grade XII of Fashion Design Department and a sample consisting of 23 students from Grade XII of Fashion Design 4. The research instruments were questionnaires and observation sheets. The instrument validity was assessed in terms of the logical and empirical validity. The logical validity was assessed through expert judgment, resulting in some modifications in the instruments. The questionnaire reliability was assessed through expert judgment stating that that the instruments were highly reliable. The data analysis technique was the quantitative descriptive analysis technique.
The results of the study are as follows. 1) The soft skills that can support the learning process in the costume-made skirt making at SMK Negeri 4 Yogyakarta are:  (1) communication skill and  (2) collaboration belonging to interpersonal skills and (3) carefulness,  (4) responsibility, (5) discipline,  (6)
creativity, (7) autonomy, and (8) professional attitude belonging to intrapersonal skills. 2) The implementation of the soft skills among the students of Grade XII of Fashion Design 4 in the costumemade skirt making shows that 15 students (65.3%) implement the soft skills in the skirt making well and 8 students (34.78%) implement the soft skills in the skirt making poorly.

Keywords: Soft skills’s implementation, costume-made skirt, SMK


Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi.

(2013)

. Prosedur

Penelitian Suatu Pendekatan Praktik.

Jakarta: Rineka Cipta

Elfindri, Et Al. 2011. Soft skills Untuk Pendidik.

Jakarta: Baduose Media

Dan Menengah Depdiknas

Hari Nugroho, Djoko.

(2009)

. Integrasi Soft

skills Pada Kurikulum Prodi Elektronika

Instrumentasi Sttn Untuk Persiapan Sdm

Pltn. Jurnal : STTN-BATAN

Ivancevich, John M., Konopaske, Robert.,

Matteson, Michael T. 2007. Perilaku Dan

Manajemen Organisasi Jilid 2.

Muhaimin Dkk. 2008. Pengembangan Model

Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan

(Ktsp)

Pada Sekolah Dan Madrasah.

Jakarta: Pt Rajagrafindo Persada.

Parwati,Dwi. dkk.

(

. Teknik Memotong.

Direktorat Pembinaan Smk Dirjen

Manajemen Pendidikan Dasar Dan

Menengah Depdiknas

Pratiwi, Djati

(

. Pola Dasar Dan Pecah

Pola Busana: Yogyakarta: Kanisius

Rich, Dorothy. (2008)

. Sukses untuk Anak-anak

Sekolah Menengah Menjaga Tetap

dalam Jalur: Pembelajar yang Disiplin.

Jakarta: PT. Indeks.

Safaria, T. (2005)

. Interpersonal Itelligence.

Yogyakarta: Amara Books.

Sarwono, Sarlito W., Meinarno,Eko A., Dkk.

Psikologi Sosial. Jakarta: Salemba

Humanika.

Shochib, Moh. 2000. Pola Asuh Orang Tua

Dalam Membantu Anak

Mengembangkan Disiplin Diri. Jakarta:

Rineka Cipta.

Sugiyono,

(2015)

. Statistika Untuk Penelitian.

Bandung: Alfabeta

Suryawati.

(2011)

. Membuat Pola. Bandung :

PT Remaja Rosdakarya

Syah, Darwyn.

(2007)

.Perencanaan Sistem

Pengajaran Pendidikan Islam. Jakarta :

Gaung Persada Press

Ubaedy, An. 2008. Berkarier di Era Global.

Jakarta: Gramedia.

Wancik, Muhammad Hamzah.

(1996)

. Bina

Busana Pelajaran Menjahit Pakaian

Wanita Buku II. Jakarta: Gramedia




DOI: https://doi.org/10.21831/teknik%20busana.v8i2.15282

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 E-JOURNAL PENDIDIKAN TEKNIK BUSANA - S1