ANALISIS PENCAPAIAN HASIL BELAJAR KOMPETENSI PRAKTIK PEMBUATAN KEMEJA PRIA PADA MATA PELAJARAN MUATAN LOKAL DI SMA ISLAM 3 SLEMAN
Dr. Sri Wening, M.Pd, , Indonesia
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Pencapaian hasil belajar kompetensi
pembuatan krah kemeja pria pada mata pelajaran muatan lokal di SMA Islam 3 Sleman;
2) Hasil belajar pembuatan krah kemeja pria ditinjau dari aspek persiapan, proses dan hasil
pada mata pelajaran muatan lokal di SMA Islam 3 Sleman.Penelitian ini merupakan jenis
penelitian deskriptif. Data dikumpulkan menggunakan penilaian non tes yaitu dengan
penilaian kinerja Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan lembar
pengamatan nilai unjuk kerja (pisikomotor). Analisis data dalam penenlitia ini adalah statistik
diskriptif.Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) Pencapaian kompetensi pembuatan krah
kemeja pria pada mata pelajaran muatan lokal di SMA Islam 3 Sleman yang terbkti 35% (7
siswa) telah mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM), tetapi masih ada 65% (13 siswa)
yang belum mencapai KKM;. 2) Hasil belajar pembuatan kemeja pria pada aspek pisikomotor
persiapan, proses dan hasil pada mata pelajaran muatan lokal di SMA Islam 3 Sleman dilihat
dari aspek pisikomotor persiapan 10%, proses 55%, hasil 35%. Pencapaian kompetensi pada
aspek persiapan 85%. Pencapaian kompetensi aspek proses 58,75%. Perncapaian kompetensi
pada aspek hasil 73%. Aspek proses merupakan pencapian kompetensi aspek terendah
sedangkan aspek persiapan merupakan aspek dengan pencapaian tertinggi.
Kata Kunci : pencapaian kompetensi, hasil belajar, kemeja pria
This study aimed to find out: 1) the attainment of the learning outcomes of the
competency in making men’s shirt collars in the local content subject at SMA Islam 3
Sleman, and 2) the learning outcomes of making men’s shirt collars in terms of the aspects of
preparation, process, and product in the local content subject at SMA Islam 3 Sleman.
This was a descriptive study. The data were collected using non-test assessment,
namely performance assessment. The data collection techniques were observations and
observation sheets for performance (psychomotor) assessment. The data were analyzed using
descriptive statistics.
The results of the study were as follows. 1) Regarding the attainment of the
competency in making men’s shirt collars in the local content subject at SMA Islam 3
Sleman, 35% (7 students) attained the Minimum Mastery Criterion (MMC) but 65% (13
students) did not attain it. 2) The learning outcomes of making men’s shirts in the
psychomotor aspect in terms of preparation, process, and product in the local content subject
at SMA Islam 3 Sleman were 10%, 55%, and 35% respectively. The attainment of the
competency in the preparation aspect was 85%. The attainment of the competency in the
process aspect was 58.75%. The attainment of the competency in the product aspect was 73%.
The attainment of the competency in the process aspect was the lowest while the attainment of
the competency in the preparation aspect was the highest.
Keywords: attainment of competency, learning outcomes, men’s shirts
Full Text:
PDFReferences
Djmerai Mahardapi. (2012). Pengukuran
Penilaian Evaluasi. Jakarta:
Gramedia
Kemendikbud. (2015). Panduan
penialaian pada sekolah menengah
kejuruan Jakarta kemendikbud.
Kemendikbud. (2017). Panduan penilaian
hasil belajar pada sekolah menengah
kejuruan. Jakarta: kemendikbud
Kemendikbud.(2016). Permendikbud
nomor 23 tahun 2016 tentang
standart penilaian pendidikan
Kunandar. (2013). Penilaian Autentik
(Penilaian hasil belajar peserta didik
berdasarkan kurikulum 2013).
Depok: Rajawali pers
Nana Sudjana. 1989. Penilaian Hasil
Proses Hasil Belajar Mengajar.
Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Soekarno. (1987). Pelajaran Menjahit
Pakaian Pria (Tata Laksana
Busana Pria).Jakarta Selatan: Karya
Utama.
Wahyu Eka P.S. (2011). Busana Pria.
Klaten: PT. Intan Sejati
Wancik, M.H. (1995). BINA BUSANA
(Pelajaran Menjahit Pakaian Pria).
Jakarta: Gramedia Pustaka
Wina Sanjaya. (2006) Strategi
Pembelajaran Berorientasi Standar
Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana
Permada Media Grup
DOI: https://doi.org/10.21831/teknik%20busana.v8i1.15273
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 E-JOURNAL PENDIDIKAN TEKNIK BUSANA - S1