ANALISIS PENCAPAIAN HASIL BELAJAR KOMPETENSI PRAKTIK PEMBUATAN KEMEJA PRIA PADA MATA PELAJARAN MUATAN LOKAL DI SMA ISLAM 3 SLEMAN

Triya Mayasari, , Indonesia
Dr. Sri Wening, M.Pd, , Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Pencapaian hasil belajar kompetensi
pembuatan krah kemeja pria pada mata pelajaran muatan lokal di SMA Islam 3 Sleman;
2) Hasil belajar pembuatan krah kemeja pria ditinjau dari aspek persiapan, proses dan hasil
pada mata pelajaran muatan lokal di SMA Islam 3 Sleman.Penelitian ini merupakan jenis
penelitian deskriptif. Data dikumpulkan menggunakan penilaian non tes yaitu dengan
penilaian kinerja Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan lembar
pengamatan nilai unjuk kerja (pisikomotor). Analisis data dalam penenlitia ini adalah statistik
diskriptif.Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) Pencapaian kompetensi pembuatan krah
kemeja pria pada mata pelajaran muatan lokal di SMA Islam 3 Sleman yang terbkti 35% (7
siswa) telah mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM), tetapi masih ada 65% (13 siswa)
yang belum mencapai KKM;. 2) Hasil belajar pembuatan kemeja pria pada aspek pisikomotor
persiapan, proses dan hasil pada mata pelajaran muatan lokal di SMA Islam 3 Sleman dilihat
dari aspek pisikomotor persiapan 10%, proses 55%, hasil 35%. Pencapaian kompetensi pada
aspek persiapan 85%. Pencapaian kompetensi aspek proses 58,75%. Perncapaian kompetensi
pada aspek hasil 73%. Aspek proses merupakan pencapian kompetensi aspek terendah
sedangkan aspek persiapan merupakan aspek dengan pencapaian tertinggi.

Kata Kunci : pencapaian kompetensi, hasil belajar, kemeja pria

 

This study aimed to find out: 1) the attainment of the learning outcomes of the
competency in making men’s shirt collars in the local content subject at SMA Islam 3
Sleman, and 2) the learning outcomes of making men’s shirt collars in terms of the aspects of
preparation, process, and product in the local content subject at SMA Islam 3 Sleman.
This was a descriptive study. The data were collected using non-test assessment,
namely performance assessment. The data collection techniques were observations and
observation sheets for performance (psychomotor) assessment. The data were analyzed using
descriptive statistics.
The results of the study were as follows. 1) Regarding the attainment of the
competency in making men’s shirt collars in the local content subject at SMA Islam 3
Sleman, 35% (7 students) attained the Minimum Mastery Criterion (MMC) but 65% (13
students) did not attain it. 2) The learning outcomes of making men’s shirts in the
psychomotor aspect in terms of preparation, process, and product in the local content subject
at SMA Islam 3 Sleman were 10%, 55%, and 35% respectively. The attainment of the
competency in the preparation aspect was 85%. The attainment of the competency in the
process aspect was 58.75%. The attainment of the competency in the product aspect was 73%. 

The attainment of the competency in the process aspect was the lowest while the attainment of
the competency in the preparation aspect was the highest.

Keywords: attainment of competency, learning outcomes, men’s shirts

 


Full Text:

PDF

References


Djmerai Mahardapi. (2012). Pengukuran

Penilaian Evaluasi. Jakarta:

Gramedia

Kemendikbud. (2015). Panduan

penialaian pada sekolah menengah

kejuruan Jakarta kemendikbud.

Kemendikbud. (2017). Panduan penilaian

hasil belajar pada sekolah menengah

kejuruan. Jakarta: kemendikbud

Kemendikbud.(2016). Permendikbud

nomor 23 tahun 2016 tentang

standart penilaian pendidikan

Kunandar. (2013). Penilaian Autentik

(Penilaian hasil belajar peserta didik

berdasarkan kurikulum 2013).

Depok: Rajawali pers

Nana Sudjana. 1989. Penilaian Hasil

Proses Hasil Belajar Mengajar.

Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Soekarno. (1987). Pelajaran Menjahit

Pakaian Pria (Tata Laksana

Busana Pria).Jakarta Selatan: Karya

Utama.

Wahyu Eka P.S. (2011). Busana Pria.

Klaten: PT. Intan Sejati

Wancik, M.H. (1995). BINA BUSANA

(Pelajaran Menjahit Pakaian Pria).

Jakarta: Gramedia Pustaka

Wina Sanjaya. (2006) Strategi

Pembelajaran Berorientasi Standar

Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana

Permada Media Grup




DOI: https://doi.org/10.21831/teknik%20busana.v8i1.15273

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 E-JOURNAL PENDIDIKAN TEKNIK BUSANA - S1