PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO TUTORIAL TERHADAP PENCAPAIAN KOMPETENSI PEMBUATAN ROK SUAI PADA MATA PELAJARAN BUSANA WANITA KELAS XI PROGRAM KEAHLIAN TATA BUSANA SMK MUHAMMADIYAH 1 TEMPEL
Dra. Kapti Asiatun, M.Pd, , Indonesia
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pencapaian kompetensi pembuatan rok suai mata
pelajaran Busana Wanita pada kelas yang menggunakan video tutorial. (2) pencapaian kompetensi
pembuatan rok suai mata pelajaran Busana Wanita pada kelas yang tidak menggunakan video tutorial.
(3) membuktikan ada tidaknya pengaruh penggunaan video tutorial terhadap pencapaian kompetensi
pembuatan rok suai mata pelajaran Busana Wanita.
Penelitian dilakukan di SMK Muhammadiyah 1 Tempel. Jenis penelitian ini adalah kuasi
eksperimen dengan desain posttest only control design. Sampel penelitian adalah kelas XI Program
Keahlian Tata Busana SMK Muhammadiyah 1 Tempel dengan jumlah 28 siswa, menggunakan teknik
sampling purposive. Uji validitas instrumen menggunakan validitas internal (konstruk dan isi) dengan
rumus point biserial dan product moment.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Pencapaian kompetensi pembuatan rok suai yang tidak
menggunakan media video tutorial pada kelas kontrol diperoleh 9 siswa (65%) tuntas dan 5 siswa (35%)
tidak tuntas. (2) Pencapaian kompetensi pembuatan rok suai yang menggunakan media video tutorial
pada kelas eksperimen diperoleh 14 siswa (100%) tuntas. (3) Ada pengaruh penggunaan media video
tutorial terhadap pencapaian kompetensi pembuatan rok suai mata pelajaran Busana Wanita pada kelas
XI Tata Busana. Dibuktikan menggunakan Uji Wilcoxon dengan nilai Signifikansi 0,000. Karena nilai
Sig. ≤0,5 artinya terdapat pengaruh pencapaian kompetensi pembuatan rok suai mata pelajaran Busana
Wanita dengan menggunakan media video tutorial di SMK Muhammadiyah 1 Tempel.
Kata Kunci : Media Video Tutorial, Siswa, Kompetensi Pembuatan Rok Suai
This study aims to deteermine: (1) the achievement of competency in making skirts for women's
clothing in class using tutorial videos. (2) achievement of competency in making skirts for women's
clothing in classes that do not use tutorial videos. (3) prove the presence or absence of the influence of
using tutorial videos on achieving the competency in making skirts for Women's Clothing subjects.
The study was conducted at Muhammadiyah 1 Tempel Vocational School. This type of research
is quasi-experimental with posttest only control design. The research sample was class XI
Muhammadiyah 1 Tempel Vocational Expertise Program with a total of 28 students, using a purposive
sampling technique. Test the validity of the instrument using internal validity (construct and content)
with biserial point formula and product moment.
The results showed that: (1) The achievement of competency in making custom skirts that did not
use the video tutorial media in the control class was obtained by 9 students (65%) completed and 5
students (35%) were not complete. (2) The achievement of competency in making custom skirts using
video tutorial media in the experimental class obtained 14 students (100%) completed. (3) There is the
influence of using video tutorial media on the achievement of competency in making skirts for Women's
Clothing subjects in the XI class of Clothing. It was proven using the Wilcoxon Test with a significance
value of 0,000. Because the value of Sig. ≤0.5 means that there is an influence on the achievement of
competency in making skirts for Women's Clothing subjects using video tutorial media at
Muhammadiyah 1 Tempel Vocational School.
Keywords: Tutorial Videos Media, Students, Suai Skirts Making Competencies
Full Text:
PDFReferences
Cheppy Riyana (2007). Pedoman
Pengembangan Media Video. Jakarta:
P3AI UPI.
Muthiah. (2018). PENGEMBANGAN MEDIA
PEMBELAJARAN VIDEO TUTORIAL
PEMBUATAN ROK SUAI KELAS XI TATA
BUSANA DI SMK NEGERI 1 NGAWEN.
Universitas Negeri Yogyakarta
Ernawati, dkk. (2008). Tata Busana Jilid 2.
Jakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah
Menengah Kejuruan.
DOI: https://doi.org/10.21831/teknik%20busana.v8i1.15272
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 E-JOURNAL PENDIDIKAN TEKNIK BUSANA - S1