PENINGKATAN HASIL BELAJAR PEMBUATAN HIASAN KORSASE BERBANTUAN MEDIA JOBSHEET DI SLB B WIYATA DHARMA I SLEMAN
Afif Ghurub Bestari, M.Pd, , Indonesia
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui peningkatan hasil belajar pembuatan hiasan
korsase dengan menggunakan media jobsheet, (2) Mengetahui penggunaan media jobsheet untuk
meningkatkan hasil belajar . Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan desain Kemmis
dan McTaggart. Subyek penelitian ini adalah rombongan belajar Keterampilan Tata Busana SLB B
Wiyata Dharma 1 Sleman, yang terdiri dari 4 siswa. Metode pengumpulan data menggunakan observasi,
wawancara guru, dan tes unjuk kerja. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis
deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Peningkatan pra siklus dengan siklus
pertama yaitu 5,52%, siswa yang berkategori tuntas ada 3 orang (75%) dan siswa yang belum tuntas ada 1
orang (25%), pencapaian hasil belajar pada pra siklus dengan mean 71,58 meningkat pada siklus pertama
menjadi 73,53. Peningkatan siklus pertama dengan siklus kedua yaitu 10,4%, seluruh siswa berkategori
tuntas yaitu 4 orang (100%), pencapaian hasil belajar pada siklus pertama dengan mean 73,53 dan pada
siklus kedua meningkat dengan mean 83,3. (2) Media jobsheet digunakan sebagai alat bantu belajar dalam
pembuatan hiasan korsase, dengan menggunakan metode pembelajaran ceramah dan demonstrasi, dapat
dikatakan bahwa penggunaan media jobsheet pada penelitian ini dapat meningkatkan hasil belajar
pembuatan hiasan korsase.
Kata kunci : Hasil belajar, hiasan korsase, jobsheet, SLB.
IMPROVING THE LEARNING OUTCOMES OF CORSAGE ORNAMENT MAKING ASSISTED BY
JOBSHEET MEDIA AT 1
ST
EXTRAORDINARY SCHOOL OF WIYATA DHARMA SLEMAN
ABSTRACT
This study aimed to find out: (1) the improvement of learning outcomes of corsage ornament
making using jobsheet media, and (2) the use of jobsheet media to improve learning outcomes. This was a
classroom action research study using Kemmis and McTaggart’s design. The research subject was a class
of Fashion Design Skills of 1
st
Extraordinary School of Wiyata Dharma Sleman. The data were collected
through observations, interviews with the teacher, and performance tests. The data analysis technique was
the quantitative descriptive analysis technique. The results of the study were as follows. (1) The
improvement from the pre-cycle to Cycle I was 5.52%; 3 students (75%) attained the mastery and 1
student (25%) did not attain the mastery. The learning outcome attainment in the pre-cycle was indicated
by a mean of 71.58, improving to 73.53 in Cycle I. The improvement from Cycle I to Cycle II was 10.4%;
4 students (100%) attained the mastery. The learning outcome attainment in Cycle I with a mean of 73.53
improved to 83.3 in Cycle II. (2) Jobsheet media were used as learning aids in corsage ornament making
with lecture and demonstration learning methods. It could be said that the use of jobsheet media in this
study was capable of improving the learning outcomes of corsage ornament making.
Keywords : learning outcomes, corsage ornament jobsheet, extraordinary school
Full Text:
PDFReferences
Arsyad, A. (2011). Media Pembelajaran.
Jakarta : PT. Raja Grafindo Per-
sada.
Fatih. I. (2017). Kanzashi. Diakses tangggal
Oktober 2018 dari https : //
www.momentumpedia.com / 2014 /
/Kanzashi.html.
Kusumah, W. et al. (2012). Penelitian Tin-
dakan Kelas. Jakarta: PT.Indeks.
Marsudi. 2017. Penerapan Model Konstruk-
tivistik dengan Media File Gambar
D untuk Meningkatkan Motivasi
dan Prestasi Hasil Belajar.
Yogyakarta : Fakultas Teknik
Universitas Negeri Yogyakarta.
Wasita, A. (2013). Seluk – Beluk Tunarungu
& Tunawicara serta Strategi Pem-
belajarannya. Yogyakarta : Java-
litera.
Somad, P. & Hernawati, T. (1995). Orto-
pedagogik Anak Tunarungu.
Bandung : Departemen Pendidikan
dan Kebudayaan Direktorat Jendral
Pendidikan Tinggi.
DOI: https://doi.org/10.21831/teknik%20busana.v7i7.14585
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 E-JOURNAL PENDIDIKAN TEKNIK BUSANA - S1