PENGEMBANGAN MODUL PEMANFAATAN LIMBAH PERCA DENGAN TEKNIK PATCHWORK TATA BUSANA SMK NEGERI 1 SEWON
Sri Emy Yuli Suprihatin, M. Si, , Indonesia
Abstract
patchwork; 2) mendapatkan modul yang layak untuk proses pembelajaran pemanfaatan limbah perca
dengan teknik patchwork pada mata pelajaran teknologi menjahit siswa kelas X tata busana SMK
Negeri 1 Sewon. Jenis penelitian ini adalah R&D (Research & Development) menggunakan model
pengembangan Borg & Gall yang disederhanakan oleh tim Puslitjaknov. Subjek penelitian ini adalah
peserta didik kelas X tata busana SMK Negeri 1 Sewon. Teknik pengumpulan data yang digunakan
penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan angket. Pembuktian validitas instrumen menggunakan
validitas konstruk dan pembuktian reliabilitas menggunakan reliabilitas antar rater dengan
menggunakan rumus alfa cronbach. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif. Hasil
penelitian ini adalah; 1) modul pembelajaran pemanfaatan limbah perca dengan teknik patchwork pada
mata pelajaran teknologi menjahit siswa kelas X tata busana SMK Negeri 1 Sewon; 2) modul
pembelajaran dengan teknik patchwork dinyatakan layak yang ditunjukkan dengan uji coba kelompok
kecil dengan kategori sangat layak (66,67%) dan uji coba kelompok besar dengan kategori sangat
layak (78,12%).
Kata kunci: pengembangan modul, pemanfaatan limbah perca
DEVELOPING A LEARNING MODULE ON THE USE OF FABRIC
REMNANT WASTE WITH THE PATCHWORK TECHNIQUE OF
FASHION DESIGN AT VHS 1 OF SEWON
ABSTRACT
This study aimed to; 1) develop a module on the use of fabric remnant waste with the
patchwork technique; 2) obtain an appropriate module for the learning process of the use of fabric
remnant waste with the patchwork technique in the sewing technology subject for them. This was a
research and development study using Borg & Gall’s development model simplified by a team at the
Center for Educational Policy and Innovation Studies. The research subjects were Grade X students of
Fashion Design at VHS 1 of Sewon. The data were collected through observations, interviews, and
questionnaires. The instrument validity was assessed in terms of construct validity and the reliability
was assessed by Cronbach’s alpha. The data analysis used descriptive statistics. The results of this
study were as follows; 1) The product was a learning module on the use of fabric remnant waste with
the patchwork technique in the sewing technology subject for Grade X students of Fashion Design at
VHS 1 of Sewon; The learning module with the patchwork technique was appropriate, indicated by the
result of the small group tryout which was in the very appropriate category (66.67%) and the large
group tryout which was in the very appropriate category (78.12%).
Keywords: developing a module, use of fabric remnant waste
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, S. (2003). Dasar-Dasar Evaluasi
Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara.
Budiyono, Dkk. (2008). Kriya Tekstil
Untuk Sekolah Menengah Kejuruan
Jilid 2. Jakarta : Direktorat
Pembinaan Sekolah Menengah
Kejuruan.
Departemen Pendidikan Nasional. (2008).
Pedoman Penulisan Modul.
Hamidin, A. (2012). Seni Berkarya dengan
Kerajinan Kain Perca. Jakarta :
PT. Buku Seru.
Hanum, F. (2016). Pedoman Lengkap
Membuat Karya Tulis Penelitian &
Nonpenelitian Untuk Guru Guna
Menaikkan Pangkat & Golongan
Profesi Guru. Yogyakarta : Araska.
Prihati, S. (2013). Dasar Teknologi
Menjahit 1. Direktorat Pembinaan
Sekolah Menengah Kejuruan.
Puslitjaknov. (2008). Metode Penelitian
Pengembangan. Pusat Penelitian
Kebijakan dan Inovasi Pendidikan
Badan Penelitian dan
Pengembangan Departemen
Pendidikan Nasiobal.
Radiani, A. Dkk. (2009). Seni Perca
Limbah Kain yang Menghasilkan
Uang. Yogyakarta : Kanisius.
DOI: https://doi.org/10.21831/teknik%20busana.v7i6.13210
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 E-JOURNAL PENDIDIKAN TEKNIK BUSANA - S1