MINAT BELAJAR PELATIHAN BIDANG KEAHLIAN MENJAHIT DI LEMBAGA KETERAMPILAN DAN PELATIHAN “AR RUM” YOGYAKARTA
Kapti Asiatun, M.Pd, , Indonesia
Abstract
Yogyakarta ditinjau dari factor intrinsik (2) Mengetahui minat belajar pelatihan bidang keahlian menjahit di LKP
Ar Rum Yogyakarta ditinjau dari factor ekstrinsik. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Data
dikumpulkan dengan angket untuk mengukur minat yang terdiri dua aspek yaitu minat intrinsik dan minat
ekstrinsik. Uji validitas menggunakan validitas isi dan validitas konstruk, angket minat dikonsultasikan kepada ahli
dan reliabilitas instrument penelitian menggunakan rumus koefisien alpha cronbach dibantu dengan program
spss16. Teknik analisis data dengan menggunakan statistik deskriptif dengan persentase. Hasil penelitian diketahui
bahwa: 1) minat belajar dari faktor intrinsik peserta dalam mengikuti pelatihan bidang keahlian menjahit di LKP Ar
Rum termasuk ke dalam kategori tinggi. 2) minat belajar dari faktor intrinsik peserta dalam mengikuti pelatihan
bidang keahlian menjahit di LKP Ar Rum dilihat termasuk ke dalam kategori tinggi.
Kata Kunci: Minat Belajar, Lembaga Keterampilan dan Pelatihan Ar Rum
THE LEARNING INTEREST IN THE TRAINING IN SEWING EXPERTISE AT “AR RUM”
SKILLS AND TRAINING INSTITUTION OF YOGYAKARTA
ABSTRACT
This study aims to find out: (1) the learning interest in the training in sewing expertise at Ar Rum Skills and
Training Institution (STI) of Yogyakarta in terms of intrinsic factors, and (2) the learning interest in the training in
sewing expertise at Ar Rum Skills and Training Institution (STI) of Yogyakarta in terms of extrinsic factors.This
was a quantitative descriptive study. The data were collected by a questionnaire to measure interest classified into
two categories, namely intrinsic interest and extrinsic interest. The validity was assessed in terms of content
validity and construct validity. The questionnaire on interest was consulted to an expert and the research
instrument reliability was assessed by Cronbach’s alpha coefficient formula using SPSS 16. The data were
analyzed by descriptive statistics with percentages.The results of the study are as follows. 1) The learning interest
from the participants’ intrinsic factors in joining the training in sewing expertise at Ar Rum STIin the high category.
2) The learning interest from the participants’ extrinsic factors in joining the training in sewing expertise at Ar
Rum STI in the high category.
Keywords : Learning Interest, Ar Rum Skills and Training Institution
Full Text:
PDFReferences
Ahmadi, A. (2004). Psikologi Belajar. Jakarta:
Rineka Cipta
Ahmadi, R.(2014). Pengantar Pendidikan.
Yogyakarta : A-Ruzz Media
Djamarah,S.B.(2015). Psikologi Belajar.Jakarta :
Rineka Cipta
Http://www.seputarpengetahuan.com/2015/03/pe
ngertian-lembaga-pendidikan-menurut-paraahli.html
diakses pada 14 Desember pk
29
Hurlock, E.B. (2005). Perkembangan Anak Jilid
Jakarta: Erlangga
Kamus Besar Bahasa Indonesia
Kartono, K.(1996). Psikologi Umum. Bandung:
Mandar Maju
Mardapi, D.(2012). Pengukuran Penilaian dan
Evaluasi Pendidikan. Yogyakarta: Nuha
Medika
Martha, N.(2014). Pengantar Pendidikan.
Yogyakarta: Graha Ilmu
Poerdarminta, S. (2002).Kamus Umum Bahasa
Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka
Purwanto, N.(2007). Psikologi Pendidikan.
Bandung: Remaja Rosdakarya
Reber, Arthur S. (1998).Kamus Psikologi.
Yogyakarta : Pustaka Pelajar
Slameto.(2013). Belajar dan Faktor- Faktor
yang Mempengaruhinya.Jakarta: Rineka
Cipta
Soebagyo.(2002). Menejemen Pelatihan. Jakarta:
PT Ardadizya Jaya
Sudjana, H.D.(2004). Pendidikan Non Formal.
Bandung: Falah Production
Sugiyono.(2007). Statistika Untuk Penelitian.
Bandung : CV Alfabeta
Sukardi.(2003). Bimbingan dan Penyuluhan
Belajar di Sekolah. Bandung: Usaha
Nasional
Sunaryo.(2004). Psikologi Untuk Kesehatan.
Jakarta: EGC
Suparman.(2014). Peningkatan Kemandirian
Belajar Dan Minat BelajarMahasiswa Mata
Kuliah Elektronika Analog Dengan
Pembelajaran PBL.Jurnal Fakultas
Teknik.Vol22, No.4
Syah, M.(2012). Psikologi Belajar. Jakarta: Raja
Grafindo Persada
Syah, M.(2016). Psikologi Pendidikan Dengan
Pendekatan Baru. Bandung: PT Remaja
Rosdakarya
Uno, H.B.(2014). TeoriMotivasi Dan
PengukuranAnalisisPendidikan.
Jakarta:BumiAksara
Walgito, B.(1997). Pengantar Psikologi Umum.
Yogyakarta: Andi Offset
Walgito, B.(2003). Pengantar Belajar Umum.
Yogyakarta: Pustaka Belajar
Winkel.(1983).Psikologi
PendidikandanEvaluasiBelajar.Jakarta:G
ramedia
DOI: https://doi.org/10.21831/teknik%20busana.v7i5.11819
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 E-JOURNAL PENDIDIKAN TEKNIK BUSANA - S1